Perdana, Posbindu Asy-Syifa UMPP Disambut Antusias

Publish

20 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
187
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah - Pos Binaan Terpadu Asy Syifa Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (Posbindu Asy-Syifa UMPP) dilaunchingkan pada hari Rabu, 20 Desember 2023. Posbindu perdana dilaksanakan di Aula Kampus Fakultas Ilmu Kesehatan Jl. Raya Ambokembang No.8 Kedungwuni Kab. Pekalongan Jawa Tengah. 

Dalam rangka meningkatkan status kesehatan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Posbindu Asy Syifa berdiri dan terlakasana. Posbindu yang dilaksanakan dan dimiliki oleh UMPP merupakan posbindu pertama  perguruan tinggi di Jawa Tengah. 

Dr Nu Izzah selaku Rektor UMPP menyampaikan posbindu ini merupakan bentuk kerjasama antara Dinas Kesehatan dengan UMPP. Posbindu akan dilaksanakan secara rutin bulanan dengan jadwal berbeda untuk masing-masing prodi kecuali pemeriksaan IVA (deteksi dini kanker leher rahim) yang akan dijadwalkan serentak. Posbindu Asy Syifa menggunakan sistem digital sehingga efisien, data dapat dilihat sewaktu-waktu, langsung diinput saat itu juga. UMPP memfasilitasi dan melayani mahasiswa agar mahasiswa sehat bugar dari awal masuk hingga lulus, sehingga harapan orangtua dapat tercapai. 

Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) yang dilaksanakan menggunakan sistem 5 meja, diantaranya Meja 1 Pelayanan pendaftaran. Peserta diwawancara terkait data pribadi, seperti nama, usia, jenis kelamin, tempat tinggal; Meja 2 Wawancara faktor risiko penyakit tidak menular, seperti riwayat penyakit tidak menular yang dimiliki orang tua, riwayat penyakit dahulu, kebiasaan konsumsi manis, garam, lemak, kegiatan aktivitas olahraga, makan sayur dan buah. 

Meja 3 Pengisian skrining kesehatan jiwa, pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut, lemak tubuh; Meja 4 Pemeriksaan, yaitu tekanan darah, gula darah, asam urat, kolesterol; Meja 5 Konseling dan edukasi. Konseling dan edukasi utamanya diberikan kepada individu yang mendapatkan hasil abnormal.

Kegiatan ini merupakan salah satu strategi yang dikembangkan oleh pemerintah melalui Dinas Kesehatan untuk mengendalikan penyakit tidak menular, yang dikembangkan model Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) berbasis masyarakat melalui Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) PTM. Posbindu PTM memiliki peran dalam deteksi dini dan monitoring PTM.

Pelaksanaan Posbindu Asy Syifa UMPP dilakukan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan yang mana memiliki SDM yang sesuai dengan kebutuhan Posbindu. Pelaksanaan dilakukan sinergisme antara dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk berlatih dalam memberikan pelayanan, sehingga menjadikan mahasiswa lebih berani dan percaya diri setelah lulus. 

Sama halnya seperti posbindu yang ada di desa, namun menariknya posbindu ini dilaksanakan di kampus, sehingga sangat memfasilitasi dosen, karyawan, dan mahasiswa yang tidak bisa mengikuti pelayanan posbindu desa. Salah satu dosen menyampaikan bahwa adanya posbindu ini sangat membantu dalam pengecekan kesehatannya, yang mana pekerjaan yang padat sehingga sampai tidak sempat memperhatikan kesehatan diri sendiri. *


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Prestasi membanggakan diraih dua mahasiswa Universitas Muhammadiyah (....

Suara Muhammadiyah

2 February 2024

Berita

Tandatangani Kerja Sama Bidang Perkebunan Karet Bersama Mercu BioTech Malaysia LAMPUNG, Suara Muham....

Suara Muhammadiyah

16 March 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah -  Pimpinan Cabang Aisyiyah Medan Area menggelar kegiatan Paket Semba....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Surakarta gelar kegiatan Musyawa....

Suara Muhammadiyah

11 December 2023

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Kantor Layanan (KL) Lazismu Jatinegara telah menyalurkan paket sembako k....

Suara Muhammadiyah

10 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah