Fakultas Kedokteran UHAMKA Launching Pos Sehat Muhammadiyah

Publish

5 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
572
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA bersama Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan ‘Aisiyah Ciledug Tangerang Banten berkolaborasi adakan kegiatan Pos Sehat Muhammadiyah (Pos Sehatmu). Dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini penyakit kastatropik. 

Penyakit katastropik adalah penyakit yang dapat mengancam jiwa, membutuhkan perawatan medis dalam jangka waktu yang panjang, serta membutuhkan biaya pengobatan yang besar. Beberapa kasus penyakit kastatropik terbanyak di Indonesia adalah penyakit jantung, stroke, diabetes (beserta komplikasinya), hipertensi, dan penyakit infeksi menahun. 

Pos Sehatmu diprogramkan untuk dilaksanakan secara rutin, terpadu, dan periodik setiap bulan. Sasaran kegiatan ini adalah kelompok masyarakat sehat, berisiko, dan penyandang kasus katastropik yang berusia 40 tahun ke atas. Tercatat sepanjang 2022 prevalensi penyakit katastropik meningkat 18,6% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2022 biaya penanganan kasus katastropik juga mengalami peningkatan, BPJS kesehatan harus mengeluarkan biaya Rp. 24,1 Triliun untuk menangani kasus katastropik. Dari data tersebut, pencegahan dan penemuan dini sangatlah penting dilakukan untuk menurunkan prevalensi kasus katastropik dan mencegah pengeluaran biaya yang besar.

Kegiatan perdana Pos Sehatmu telah dilaksanakan pada, 1 Oktober 2023 di Masjid Al Manar, Ciledug, Tangerang, Banten. Acara tersebut dimulai dengan kegiatan pelatihan oleh Dr. dr. Gea Pandhita S, MKes, SpS, tentang deteksi dini dan pencegahan Stroke sebagai salah satu penyakit katastropik penyebab kematian tertinggi di Indonesia. 

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan dasar oleh tim kesehatan yang terdiri dari Dr. dr. Gea Pandhita S, MKes, SpS, dr. Adimas Euro Kurnia, serta beberapa mahasiswa FK UHAMKA yaitu Amalia, Hafifah, Taqi, Hafis, dan Qoyimatul.

Dr. dr. Gea Pandhita S, MKes, SpS menyatakan bahwa Pos Sehatmu merupakan bentuk pengabdian masyarakat dari FK UHAMKA. ”Kolaborasi FK Uhamka dan PCM/PCA Ciledug Tangerang Banten merupakan ikhitiar menekan angka kejadian penyakit katastropik” tutur dosen FK Uhamka sekaligus Ketua Pusat Neurosains Uhamka.

 Kegiatan ini dilakukan menggunakan sistem 5 meja, mengacu kepada metode Posbindu PTM. Meja pertama adalah meja registrasi, dilanjutkan meja kedua untuk deteksi dini faktor risiko beberapa penyakit tidak menular dan penyakit menular Tuberkulosis. Meja ketiga untuk pemeriksaan antropometri dan tekanan darah, dilanjutkan meja keempat untuk pemeriksaan laboratorium sederhana gula darah, asam urat, dan kolesterol. Kegiatan diakhiri di meja kelima yang digunakan untuk konseling dan edukasi. 

Sekretaris PCM Ciledug Ahmad Fauzan, S.I.Kom berharap program kolaborasi dengan FK Uhamka dapat berlanjut. ”Masyarakat sangat antusias dan merespon baik adanya kegiatan ini,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Ade Haryanti, A.Md. A.K.P, Ketua Ketua PCA Ciledug Tangerang Banten berharap kegiatan Pos Sehatmu dapat terus dilaksanakan. ”Masyarakat merasa sangat terbantu dengan adanya Pos Sehatmu, karena dari kegiatan ini mereka dapat mengetahui kondisi kesehatannya serta mendapatkan edukasi tentang bagaimana langkah-langkah deteksi dini dan pencegahan penyakit katastropik," ucapnya. (Hendra Apriyadi)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Pesantren Mahasiswa KH Djamaluddin Amien  (Pesmadina) dan ....

Suara Muhammadiyah

13 March 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) m....

Suara Muhammadiyah

15 September 2023

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Siswa dan siswi SMA Negeri 2 Cilacap yang di wakili oleh Pembina dan P....

Suara Muhammadiyah

29 March 2024

Berita

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah - Dinamika pendidikan yang menuntut gebrakan kreatif dalam mengikuti ....

Suara Muhammadiyah

11 January 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) Universitas Muhammad....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah