Pendidikan Menjadi Energi Penggerak Kemajuan Indonesia

Publish

2 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
80
Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 di Universitas Muhammadiyah Malang (2/5).

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 di Universitas Muhammadiyah Malang (2/5).

MALANG, Suara Muhammadiyah - Tampak ribuan sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Malang memenuhi Helipad Kampus Putih. Melaksanakan upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 2 Mei. Selain untuk menguatkan spirit pendidikan, agenda tersebut juga memberikan sederet penghargaan untuk dosen terbaik, pegawai terbaik, mahasiswa terbaik, dan tim hubungan masyarakat (Humas) prodi dan fakultas.

Menjadi inspektur upacara, Rektor UMM, Nazaruddin Malik menjelaskan, peringatan ini menjadi upaya peneguhan bahwa pendidikan menjadi penyangga utama kemajuan peradaban bangsa. Momentun refleksi dan muhasabah harus dijadikan sebagai cara berpikir yang multiaspek. Terutama untuk memahami sejauh mana pendidikan menjadi energi penggerak kemajuan Indonesia. 

Menurutnya, bagi insan yang mengabdi dalam dunia pendidikan, sikap luwes dan komitmen untuk mengelola institusi dengan baik harus diutamakan di atas kepentingan lainnya. begitupun dengan penyedian solusi atas persoalan-persoalan pendidikan.

“Ekonomi memang harus dijaga stabilitasnya, namun pendidikan juga harus diinvestasikan secara lebih masih. Terutama dalam pemerataan partisipasi dan kualitas masing-masing pendidikan,” kata Nazar.

Maka dari itu, Nazar menegaskan bahwa sivitas akademika harus mampu memerkuat tekad-tekad dalam memajukan proses pendidikan melalui tugas dan peran masing-masing. “Semoga dengan peringatan ini, kita diberi energi tambahan untuk mengabdi. Memajukan pendidikan danmelahirkan generasi penerus yang unggul demi memajukan dan memakmurkan Indonesia,” tegasnya mengakhiri.

Dalam upacara itu, turut hadir tim marching band yang memberikan menampilkan beberapa lagu. Mereka memberikan suntikan semangat bagi para tenaga pendidik, dosen, dan pegawai. Bahkan adapula tim paduan suara yang menampilkan lagu-lagu nasional serta daerah-daerah. (diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Selasa, 31 Oktober 2023 adalah momentum bagi siswa-siswi SMA Muhamma....

Suara Muhammadiyah

31 October 2023

Berita

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah - Koperasi Simpan Pimpinan dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul M....

Suara Muhammadiyah

27 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Tanggal 14 Februari 2024, bangsa Indonesia menyelenggarakan pemilih....

Suara Muhammadiyah

3 February 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Pada hari Selasa, 26 September 2023, SMP UMP sukses menyelenggara....

Suara Muhammadiyah

4 October 2023

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) menjadi tuan rumah pengajian Ramad....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah