Siswa SMK Pariwisata Aisyiyah Sumbar Ikuti Uji Kompetensi

Publish

2 May 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
127
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PADANG, Suara Muhammadiyah - Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) berkerjasama dengan SMK Pariwisata Aisyiyah Sumbar menggelar kegiatan Uji Kompetensi keahlian bidang Perhotelan dan Tata Boga. Uji kompetensi diikuti oleh 41 siswa jurusan perhotelan dan tata boga yaitu siswa kelas XII, (2/5/2024). 

Ada pun Kompetensi yang diujikan dalam UKK AP adalah Front Office (FO) dan Housekeeping (HK). Uji kompetensi yang dilaksanakan di Hotel Savali yang mana SMK Aisyiyah Sumbar telah bekerja sama dengan Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI). 

Dalam sambutannya, Kadis Pendidikan Sumbar diwakili Kabid PS SMK Ariswan memberikan apresiasi tinggi kepada SMK pariwisata yang berhasil memgangkat kegiatan ujian kompetensi keahlian perhotelan dan tata boga. 

"Bila lulus nanti akan punya sertifikat kompetensi, artinya keahliannya itu terstandar, diakui secara nasional. Sehingga bisa memudahkan anak-anak muda kita untuk masuk ke dunia kerja," ujar 
Ariswan

"Tentu syukur-syukur bisa memasuki dunia kerja setelah mendapatkan sertifikat kompetensi ini," imbuhnya. 

Asesor 1 , Joni Edwar Dasrita dalam pembukaannya menjelaskan prosedur pelaksanaan uji kompetensi yang akan dilalui oleh siswa.

“Siswa diminta mengisi formular APL 1 dan APL 2 yaitu tetang data diri asesi dan kelengkapan dokumen pendukung sebagai salah satu persyaratan untuk dapat bisa melanjutkan pada tahap berikutnya. Setelah Formulir APL 1 dan APL 2 terisi lengkap, asesi dapat mengikuti ujian tahap selanjutnya yaitu tes wawancara dan praktek,” ujarnya Kamis, (2/5).

Dalam sambutannya Ketua PW Aisyiyah Sumbar, Bunda Dr. Syur'aini menekankan pentingnya penanaman Al-Islam Kemuhammadiyahan yang menjadi modal utama bagi para siswa dalam memasuki dunia kerja sehingga SDM yang dihasilkan dari AUM Aisyiyah menjadi seorang yang tidak saja memiliki skill dan knowledge juga pribadi yang beriman dan bertaqwa sehingga image hotel sebagai tempat yang tidak baik menjadi hilang. 

Sementara itu, Bunda Fauriza, selaku Kepala Sekolah SMK Aisyiyah Sumbar menyampaikan SMK Pariwisata Aisyiyah Sumbar sebagai institusi pendidikan formal membekali siswa dan siswinya dengan pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skills)  yang dikelola sedemikian rupa melalui pembelajaran teori, pembelajaran praktik di sekolah, dan praktik di dunia usaha/ dunia industri.

Menurutnya, kegiatan uji kompetensi ini merupakan salah satu alat ukur seberapa siswa dapat menerima materi yang diberikan selama menempuh sekolah dan juga sebagai salah satu syarat wajib kelulusan jurusan perhotelan. 

“Adanya kerjasama antara SMK pariwisata Aisyiyah Sumbar dan pihak DUDI akan memberikan peluang yang baik bagi kedua belah pihak untuk mengetahui calon sumber daya manusia yang kompeten sehingga siap bersaing di dunia kerja,” pungkasnya.

Ia juga menjelaskan tujuan dari kegiatan uji kompetensi ini yaitu untuk mengukur keberhasilan materi yang disampaikan oleh guru kepada siswa sehingga siswa akan siap bersaing di dunia kerja setelah menyelesaikan pendidikan di SMK. 

“Pelaksanaan kegiatan uji kompetensi selama satu hari berjalan dengan tertib dan lancar, semua siswa yang hadir mengikuti uji kompetensi menyambut kegiatan dengan penuh semangat dan telah mempersiapkan diri dengan baik sehingga hasil dari uji kompetensi seluruh siswa yang mengikuti uji kompetensi dinyatakan kompeten,” tandasnya. (RI)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Program Studi Ilmu Keolahragaan (IKOR) Fakultas Kesehatan Masyarakat ....

Suara Muhammadiyah

30 December 2023

Berita

SYDNEY, Suara Muhammadiyah — Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT), Abdul Wahab, men....

Suara Muhammadiyah

11 December 2023

Berita

ENREKANG, Suara Muhammadiyah - Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah (DAM) Cece, Enrekang, Rabu, 28 Feb....

Suara Muhammadiyah

29 February 2024

Berita

MALAYSIA, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah 1 Jakarta atau dikenal SD Mutu Jakarta men....

Suara Muhammadiyah

22 January 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah saat ini berada dalam pusaran Ideologi dan dinamika kehidup....

Suara Muhammadiyah

18 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah