Muscab Terpadu Revitalisasi Gerakan Pencerahan untuk Batang Anai Berkemajuan

Muscab Terpadu Revitalisasi Gerakan Pencerahan untuk Batang Anai Berkemajuan

PADANG PARIAMAN-suaramuhammadiyah.com— Muhammadiyah dan Aisyiyah Cabang Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman menyelenggarakan Musyawarah Cabang Terpadu Muhammadiyah ke-2 dan Aisyiyah ke-1 Batang Anai di Komplek Masjid Ansharullah Duku Nagari kasang, Batang Anai, Padang Pariaman, Sabtu, (14/5/2016). Dengan tema “Revitalisasi Gerakan Pencerahan untuk Batang Anai Berkemajuan”.

Muscab tersebut memiliki tiga agenda penting, yakni laporan pertanggungjawaban pimpinan periode 2010-2015, pemilihan pimpinan periode 2015-2020, serta rencana program kerja periode mendatang. Muscab dibuka secara resmi oleh Wakil ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Padang Pariaman Buya Drs HM Syattar.

Musyca Terpadu Muhammadiyah Batang Anai ini dihadiri oleh tiga Ranting Muhammadiyah sebagai peserta, yaitu Ranting Kasang, Ranting Ketaping, dan Ranting Buayan. Hadir juga Sekcam Drs Ahsin Sulaiman mewakili  pemerintah kecamatan Batang Anai, unsur Pimpinan Daerah Aisyiyah Padang Pariaman dan wakil ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Padang Pariaman.

Wakil ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Padang Pariaman Buya Drs HM Syattar mengatakan, “Jangan ragu mengurus Muhammadiyah apalagi takut atau malu, karena Muhammadiyah organisasi gerakan dakwah amar makruf nahi mungkar, artinya menggerakan Muhammadiyah berarti kita mengajak orang masuk surga, mengajak orang untuk mengamalkan Islam yang sebenarnya sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan Sunnah Rasulullah,” ujarnya.

“Semoga Pimpinan Cabang Batang Anai terpilih diminta segera membentuk ranting-ranting baru. Sehingga rencana LPCR PDM Padang Pariaman dapat terlaksana dengan baik,” ucapnya.

Harapan PDM disambut baik oleh PCM terpilih. Medi Hendra selaku ketua terpilih PCM Batang Anai mengatakan, “Sebuah gerakan tidak boleh statis tetapi harus dinamis melakukan berbagai usaha untuk perubahan dan perbaikan dari yang sudah ada dan berinovasi menciptakan amal usaha baru untuk meningkatkan kesejahteraan umat agar bisa menerima dakwah pencerahan, sehingga menjadi muslim dan muslimah yang berkemajuan,” ujarnya.

“Kita menargetkan untuk mendirikan amal usaha Muhammadiyah. Di kecamatan Batang Anai sudah banyak lembaga pendidikan disemua tingkatan mulai dari SD sampai Tingkat SMA, namun belum ada satu pun Sekolah Agama di kecamatan ini. Kemudian kedepan mengembangbangkan ranting dan kader yang berada di PCM Batang Anai untuk memberdayakan seluruh kader Muhammadiyah,” tuturnya.

Pimpinan Cabang Muhammadiyah Batang Anai menargetkan dalam periode kepemngurusan 2015-2020 berdiri Sekolah Muhammadiyah yang berbasis agama. “Untuk mewujudkan semua ini kita tidak terlepas dari dukungan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Padang Pariaman bahkan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat,” ujarnya.

Di akhir Musyawarah Cabang ke 2 ini memutuskan dan menetapkan Medi Hendra SPd MA sebagai ketua dengan didampingi delapan orang formatur lainya sebagai anggota yakni Tarmizi Alung, Hamardian Yulisman SH, Lukman Sidik, H Tenan Kasra BA, Mohiddin Sadar SE, Zulhidayat dan A. Andapis. Sementara untuk Pimpinan Cabang Aisyiyah Batang Anai dipercayakan pada ketua yang sebelumnya Dra. Jusma. (RI)