Pelatihan Jurnalistik Majalah MPI PDM Karanganyar dan Suara Muhammadiyah

MPI PDM Karanganyar

pelatihan-jurnalistik-majalah

KARANGANYAR, Suara Muhammadiyah – Penguasaan media masa sebagai sarana dakwah menjadi tuntutan dan tantangan yang harus disolusikan, terkait hal tersebut Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PDM Kabupaten Karanganyar mempersiapkan penerbitan majalah yang sedang dipersiapkan oleh tim perumus. Tindaklanjut sekaligus persiapan oleh tim perumus MPI menggelar kegiatan bertajuk Pelatihan Jurnalistik dan Loka Karya Penerbitan Majalah bekerjasama dengan Suara Muhammadiyah, bertempat di lantai 2 Gedung Dawah Muhammadiyah (GDM) Karanganyar sabtu (17/12).

Pembukaan pelatihan dilaksankan ba’da dhuhur yang yang dihadiri selain peserta pelatihan datang dari para pimpinan pleno PDM Karanganyar beserta pimpinan Majelis/Lembaga, Ortom dan AUM di Karanganyar. Dalam sambutannya ketua PDM Karanganyar Muh. Samsuri menyampaika beberapa hal utamanya tentang dinamisasi gerak persyarikatan Muhammadiyah khusunya di Karanganyar yang sangat dinamis “bulan november – desember 2016 ini semua majelis, lembaga, Ortom banyak sekali melaksanakan kegiatan-kegiatan”. Hal ini menurut Muh. Samsuri sangat menarik menunjukkan semangat dalam ber Muhammadiyah.

Terkait dengan kegiatan pelatihan yang dilaksankan oleh MPI dan rencana penerbitan majalah, ketua PDM menyoroti tentang pentingnya media dimana perlu dikuatkan sebagai pengembangan dakwah berkemajuan. “Ketika periode yang lama kepemimpinan Muhammadiyah Karanganyar sudah menggas dan menginginkan adanya media yang dikelola oleh PDM Karanganya, namun demikian belum bisa terealisasi. Alhamdulillah pada periode ini akan terwujud bahkan untuk media on line sudah ada

Ketua panitia pelatihan Agus Sumali dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dengan antusias peserta yang sangat menggembirakan, “ada 86 orang yang sudah mendaftar menjadi peserta pelatihan”. Kegiatan pelatihan dilaksankan selama 2 hari sabtu-minggu (17-18/12) dengan dukungan kegiatan dari PDM dan para pimpinan  majelis maupun lembaga yang ada.

Dalam sambutan yang lain ketua Majelis Pustaka dan Informasi PDM Karanganyar Teguh Triyono menyampaikan kegiatan pelatihan ini adalah tindak lanjut dari pelatihan Jurnalistik Dasar yang pernah dilaksanakan dan implementasi dari program kerja MPI pada tahun 2016. Rencana penerbitan majalah oleh MPI diharapkan bisa menjadi pembeda atas media-media yang sudah ada maupun gempuran media-media mainstream yang kadang tidak proporsional dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat dan khususnya warga Muhammadiyah. Potensi dan dan peluang besar yang ada di Muhammadiyah khususnya di Kabupaten Karanganyar menjadi salah satu motivasi bagi MPI dalam mewujudkan media baik on line maupun cetak.

Peserta pelatihan jurnalstik dan loka karya peberbitan majalah pada sesi hari pertama sabtu (17/12) mendapatkan materi dari tim Suara Muhammdiyah yang diwakili oleh Lutfi Effendi (Redaktur Senior) dan Ganjar SH. (Reporter) berupa teori dan praktik pengelolaan majalah oleh redaksi dalam menyiapkan penerbitan sebuah majalah. Selain itu juga diberikan materi dan praktik penulisan dalam majalah. Lufti Effendi dalam penekanan materinya bahwa manajemen media sangat penting karena terkait dengan keberlangsungan penerbitan sebuah majalah. (MPI PDM Karanganyar – JOe).