Jurasic Komakom UMY Latih Dasar Jurnalistik

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KOMAKOM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Divisi Pers, mengadakan workshop jurnalistik di Gedung Muhammadiyah dengan tema Journalism In Action “Start To Be A Good Journalist”. Acara yang di moderatori oleh Ana Balqis Alifah Qurrotul’ain ini menghadirkan seorang reporter dari Suara Muhammadiyah yaitu Rizki Putra Dewantoro sebagai narasumber dalam acara tersebut.

Radian Seto Aditomo menyampaikan acara ini khusus dihadiri oleh Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi yang berjumlah 20 peserta. Kegiatan ini berlangsung dalam dua sesi. Sesi pertama diisi workshop dengan pemateri Rizki Putra Dewantoro. Sesi kedua pelatihan penulisan Straight News yang baik dan benar oleh peserta.

“Tujuan dari acara ini adalah untuk menambah pengetahuan peserta tentang jurnlistik, bagaimana jurnalistik yang baik dan benar,” papar Melinia selaku Kabid Devisi Pers, Sabtu (7/3).

Rizki Putra Dewantoro menyampaikan sebuah ungkapan siapa yang menguasasi informasi dialah yang menguasai dunia. Kini ungkapan tersebut ditambah dengan siapan yang menguasai data dan digital dia yang menguasai dunia.

Menurutnya belajar menulis dengan menjadi jurnalis adalah awal menuju berbagai keterampilan lainnya. Selain itu, kata Rizki, sebagai jurnalis perlu mengindahkan kaidah norma yang berlaku di masyarakat serta mematuhi kode etik jurnalistik.

Acara yang semula bernama Gelar Training Jurnalistik (GTJ) ini juga mengapresiasi peserta dan kelompok terbaik. Kemudian acara ditutup dengan penyerahan piagam penghargaaan.(OSA)

Baca Juga:   Dar al-Ahdi Wa as-Syahadah: Konsep Negara yang Ideal