SMK Mutu Tegal Raih Lisensi Nasional Sertifikasi Profesi

SMK Mutu Tegal Raih Lisensi Nasional Sertifikasi Profesi

TEGAL, Suara Muhammadiyah – Lembaga Sertifikasi Profesi SMK Muhammadiyah 1 (Mutu) Kota Tegal yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan resmi meraih Lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Setelah mendapatkan Surat Keputusan Penetapan, SMK Mutu dapat menjadi tempat Uji Kompetensi LSP P1.

Kepala SMK Mutu Drs Riswanto MM mengatakan, ada enam Kompetensi Keahlian yang bisa diselenggarakan untuk Uji Kompetensi di SMK Mutu, yakni Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Multimedia, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Mekanik Industri, Teknik Pemesinan, dan Teknik Pengelasan.

“Siswa yang lulus Uji Kompetensi yang diadakan LSP P1, mendapatkan Sertifikat Kompetensi berlogo Garuda yang berlaku secara nasional. Ini yang dibutuhka Industri Dunia Kerja (Iduka), bahwa siswa yang lulus dari SMK harus memiliki Sertifikat Kompetensi, minimal dari LSP P1,” kata Riswanto.

Riswanto melanjutkan, Guru Produktif SMK Mutu yang memiliki Sertifikat Asesmen Asesor akan menjadi Asesor Uji Kompetensi. “SMK Mutu siap mengadakan Uji Kompetensi untuk mengukur kemampuan siswa yang siap sukses dan siap bekerja. SMK Mutu berkomitmen terus mencetak SDM unggul,” ungkap Riswanto. (Hendra Apriyadi)