Ketua Umum PP Muhammadiyah dan Menteri Koperasi & UKM Akan Buka Inkubasi Sociopreneur Muhammadiyah

sociopreneur muhammadiyah

Haedar Nashir dan Teten Masduki Buka Inkubasi Sociopreneur Muhammadiyah

 

Pada salah satu acara LPCR PP Muhammadiyah Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Dr H. Haedar Nashir menyatakan, “Semangat Sociopreneur Muhammadiyah adalah representasi dari wujud ikhtiar Muhammadiyah untuk mencari solusi di masa pandemi. Sesulit apapun kondisi, Muhammadiyah tetap bisa hadir sebagai pemberi solusi secara nyata.” 

Sebagai struktur Muhammadiyah yang langsung bersentuhan dengan dinamika masyarakat, Cabang dan Ranting Muhammadiyah dituntut secara langsung untuk dapat memberi solusi kebutuhan masyarakat. Untuk itu ketangguhan dan keteguhan Cabang dan Ranting Muhammadiyah sangat diperlukan untik dapat terus hadir di masa pandemi ini yang sudah emmasui tahun kedua ini

Oleh karena itu, sebagai salah satu lembaga yang bertanggung jawab pada keteguhan dan ketangguhan Canag dan Ranting Muhammadiyah, LPCR turut mendesain kegiatan yang dapat membantu terciptanya  ketangguhan ekonomi jamaah melalui sharing best practices dari PCM dan PRM unggulan yang telah menemukan model pengelolaan aktivitas selama situasi pandemi. Salah satu program yang digulirkan LPCR PP Muhammadiyah adalah Sayembara Business Plan Sociopreneur Cabang & Ranting Muhammadiyah 2020” dengan tema “Cabang Ranting Muhammadiyah Teguh & Tangguh Hadapi Pandemi Covid-19”.

Wakil Ketua LPCR PP Muhammadiyah yang juga Ketua Pengarah kegiatan itu, Safar Nashir menyebut kalau sayembara tersebut difokuskan pada pemecahan masalah sosial melalui kewirausahaan sosial (sociopreneur) & mendorong para kader Muhammadiyah di seluruh Indonesia untuk bertukar ide, gagasan dan pengalaman dalam menggiatkan ekonomi masyarakat secara luas.

Program yang telah berlangsung sejak bulan Juli 2020 akhirnya menghasilkan 6 model terpilih dari hampir seluruh wilayah NKRI. Keenam wakil PCM/PCM terpilih tersebut dibina secara intensif melalui program Inkubasi Sociopreneur Muhammadiyah pada tanggal 11-14 Maret 2021 di Hotel Balecatur Inn, Gamping – Sleman, D.I. Yogyakarta.

Pembukaan acara ini diawali dengan Studium Generale Online Inkubasi Sociopreneur Muhammadiyah yang dihadiri Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr. Haedar Nashir, M.Si. dan Menteri Koperasi & UKM Republik Indonesia Teten Masduki.

Menurut ketua penyelenggara, Muhammad Zufi Ifani, acara Studium Generale Online ini terbuka untuk umum. Masyarakat yang hendak mengikuti acara tersebut dapat menghubungi nomor  WA 0811-3939-211 (fani) atau 085729638181 (aji) untuk mendapatkan link dan pasword zoom acara tersebut.