Kampanye CFRC Akademisi Muhammadiyah, Sehatkan Badan Melindungi Lingkungan

CFRC
YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Para akademisi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan Carbon Footprint Reduction Campaign (CFRC) 2021, dalam rangka mewujudkan UMY Sehat dan partisipasi kampus pada Hari Sepeda Sedunia serta Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Sabtu (12/6). Bersepeda bersama sivitas akademika dan menanam 100 pohon di lahan yang terletak di seberang gerbang kampus UMY, menjadi agenda dalam CFRC 2021.

CFRC merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh UMY setiap tahunnya, sebagai bentuk kepedulian kampus dalam mengurangi emisi karbon, dengan cara bersepeda. Hal tersebut disampaikan oleh wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia UMY, Prof. Dr. Nano Prawoto, SE., M.Si.

“Dalam kurun waktu empat tahun terakhir UMY dinobatkan sebagai Green Campus tentu akan terus kami pertahankan. Salah satunya dengan kegiatan Carbon Footprint Reduction Campaign 2021, yang salah satunya dengan menanam pohon,” ujar Nano.

Lebih lanjut, menurut Nano menanam pohon merupakan salah satu bentuk penyerapan CO2 yang memang menjadi fokus utama kampanye kegiatan ini. “Semua ini kami lakukan semata-mata untuk membuat lingkungan kampus kondusif dan hijau. Satu sisi insannya sehat, lingkungannya mendukung, produksi oksigen melimpah, dan sivitas akademika tentunya akan semakin produktif,” imbuhnya.

Hal tersebut juga sesuai dengan milestone UMY yaitu untuk menjadi Reputable University. Saat ini UMY menempati posisi 134 dunia UI Green Metric sebagai kampus terhijau.

Kegiatan CFRC 2021 diawali dengan bersepeda mengunjungi beberapa tempat bersejarah UMY seperti Klinik Firdaus di Jl. Tendean yang pernah menjadi kampus 2. Yang dimulai pada pukul 06.00 WIB. “Kemudian berlanjut ke Asri Medical Center (AMC) di Wirobrajan yang menjadi kampus 1, serta mengunjungi percetakan Gramasurya yang pernah menjadi tempat berkuliah Fakultas Kedokteran UMY,” jelas Ir. Tony K. Hariadi, M.T. salah satu penanggung jawab acara.

Seperti yang sempat disinggung di atas, CFRC 2021 diakhiri dengan penanaman 100 pohon di lahan milik kampus, terletak di seberang kampus terpadu UMY. Kendati CFRC melibatkan 100 peserta, protokol kesehatan tetap dilaksanakan sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Social distancing, pakai masker, hand sanitizer, sudah kami siapkan. 100 peserta tidak akan kami berangkatkan bersepeda sekaligus, bertahap 20, 25, dan seterusnya. Jadi tidak akan berkerumun, apalagi lahan yang menjadi tempat penanaman pohon memiliki luas 8.000 meter persegi dengan tempat terbuka,” pungkas Tony.

CFRC Bawa Misi Khusus Bersepeda Aman dan Tertib Lalu Lintas

Carbon Footprint Reduction Campaign (CFRC) 2021 merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai salah satu komitmen mewujudkan program UMY Sehat. Program yang berisi tentang kegiatan bersepeda ini juga menjadi salah satu wadah untuk menyatukan beberapa komunitas sepeda di UMY.

Dalam pelaksanaannya tahun ini, CFRC membawa misi khusus yaitu memperbaiki citra pengendara sepeda di mata masyarakat, mengingat akhir-akhir ini sedang hangat-hangatnya pembahasan negatif tentang pengendara sepeda. Seperti foto viral seorang pengendara motor yang mengacungkan jarinya ke arah pesepeda, yang menggunakan jalur kendaraan umum bukan jalur khusus sepeda, yang terjadi di Ibu Kota Jakarta.

“Pelaksanaan CFRC 2021 kali ini mempunyai misi khusus yang ingin kami sampaikan ke masyarakat bahwa sebagai pengendara sepeda kita dapat menaati peraturan lalu lintas dan mengedepankan keamanan. Kampanye ini kita mulai dari diri kita sendiri sebagai institusi pendidikan yang dapat memberikan contoh kecil kepada masyarakat,” ujar Slamet Riyadi, Ph.D selaku Ketua. (Hbb)