Peningkatan Kompetensi Guru Muhammadiyah Membuat Soal Ujian yang Baik

membuat soal ujian

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Tim Pengabdian Masyarakat LP3M UMY bekerjasama dengan SMA Muhammadiyah III Yogyakarta melakukan kegiatan pengabdian masyarakat kepada Guru-guru mata pelajaran di SMA MOEGA, 10 Juni 2021.

Fokus program pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan kompetensi guru mata pelajaran dalam pembuatan soal ujian yang baik dan benar. Menurut Dr. SN Nurul Makiyah, “Sasaran pengabdian masyarakat ini adalah para Guru. Guru merupakan garda terdepan dalam proses pembelajaran di sekolah. Salah satu kompetensi guru dalam dimensi pedagogik adalah dapat menyelenggarakan penilaian, evaluasi proses dan hasil belajar,” tuturnya.

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu indikator keberhasilan prestasi belajar. Salah satu kelemahan utama dalam pengukuran hasil belajar siswa umumnya terletak pada kemampuan Guru dalam membuat konstruksi butir soal dengan baik. Oleh karena itu penting dilakukan pelatihan praktek pembuatan soal ujian yang baik.

Fitri Sari Sukmawati, M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMA MOEGA yang juga menghadiri kegiatan pengabdian masyarakat ini, memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini dan berharap supaya guru-guru mata pelajaran dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dari kegiatan ini.

Target materi yang disampaikan kali ini meliputi: prinsip penilaian, tingkatan kognitif dalam taksonomi Bloom untuk pembuatan soal, prinsip pembuatan soal yang terstandar yang disampaikan oleh dr. Ika Setyawati, M.Sc. selaku anggota tim Pengabdian Masyarakat ini dan materi ke-2 tentang praktek dalam pembuatan soal yang baik disampaikan oleh Dr. SN Nurul Makiyah, S. Si, M. Kes. selaku Ketua tim Pengabdian Masyarakat ini.

Kegiatan ini dilakukan secara daring, dihadiri oleh wakil dari  25 orang Guru mata pelajaran di SMA MOEGA. Para Guru sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini dengan aktif berdiskusi mengenai topik yang diberikan. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil evaluasi dari isian kuesioner menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan Guru dalam teori dan praktek pembuatan soal ujian yang baik. (Riz)