Pengabdian Masyarakat FAI Unismuh Mengukur Arah Kiblat di Gowa

arah kiblat

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 3 orang Dosen Fakultas Agama Islam Unismuh Makassar menggelar pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan pengabdian dengan membuat pelatihan pengukuran arah kiblat masjid ini diikuti oleh seluruh imam masjid se kecamatan tombolopao, Gowa, Senin (14/6/2021).

Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen FAI Unismuh Makassar, Drs. KH. Mawardi Pewangi, M.Pd.I mengatakan, adapun kegiatan ini diharapkan memberikan pemahaman tentang pentingnya mengetahui arah kiblat yang sebenarnya bagi masyarakat.

“Mengetahui arah kiblat bukan hanya arah kiblat masjid tapi arah kiblat kuburan pun menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui bahkan arah kiblat MCK juga harus diketahui arahnya agar tidak melanggar syariat Islam,” kata KH. Mawardi Pewangi.

Lanjut, Wakil Rektor IV Unismuh Makassar ini menambahkan, tujuan kegiatan ini merupakan bagian dari catur dharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

“Insyallah kegiatan ini akan berlanjut, dan semoga apa yang kami sampaikan warga bisa memahami betul dan tidak salah lagi terkait persoalan arah kiblat,” imbuhnya.

Terpisah disampaikan, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tombolopao, Ruslan S.Ag mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak Unismuh dalam hal ini LP3M yang telah menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan pengukuran arah kiblat.

“Harapan kami dengan sumbangan alat pengukuran arah kiblat dan pelatihan yang berikan mudah-mudahan masjid-masjid yang ada di tombolopao sudah benar semua arah kiblatnya,” tuturnya.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerja sama Kepala Kantor Urusan Agama Tombolo Pao yang diselenggarakan di perguruan Muhammadiyah datarang Kecamatan tombolopao Kabupaten Gowa dengan dihadiri kepala kantor KUA, Para penyuluh agama, hingga Imam desa Se-kecamatan Tombolopao.

Selain Drs. KH. Mawardi Pewangi, M.Pd.I hadir pula dosen yang melakukan pengabdian kepada masyarakat yakni Dr. Ferdinan, M.Pd.I dan Alamsyah, S.Pd.I.,M.H. (Ulil Amri)