• Tentang SM
  • Disclaimer
  • Redaksi
  • Media Siber
  • Term & Condition
  • Privacy Policy
  • Hubungi Kami
Senin, Mei 23, 2022
Suara Muhammadiyah
No Result
View All Result
  • Login
  • Home
  • Berita
  • Editorial
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
  • Edutorial
  • Home
  • Berita
  • Editorial
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
  • Edutorial
No Result
View All Result
suaramuhammadiyah
No Result
View All Result

SD Muhammadiyah Implementasikan Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi

Suara Muhammadiyah by Suara Muhammadiyah
23 Februari, 2022
in Berita
Reading Time: 1 min read
A A
0
SD Muhammadiyah
Share

SD Muhammadiyah Implementasikan Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pengelolaan pembelajaran perlu melihat kesiapan belajar, minat, dan profil murid yang meliputi lingkungan, budaya, gaya belajar, dan kecerdasan majemuk.

Baca Juga

Dongkrak Motivasi Belajar dengan Leker Berkat

SD Muhammadiyah PK Belajar Arsitektur bersama KMTA Mengajar

Hal tersebut dilakukan supaya tujuan pembelajaran yang diharapakan dapat terwujud, yaitu untuk memastikan setiap murid sukses dalam proses pembelajarannya.

Andi Arfianto, guru Matematika kelas V SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, memberi alternatif model pengelolaan pembelajaran yang efektif melalui pembelajaran berdiferensiasi pada materi jaring-jaring balok, Selasa (22/2/2022).

Menurut Andi, pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mendukung dan menyesuaikan gaya belajar serta kebutuhan setiap individu murid di kelas.

“Pembelajaran berdiferensiasi dapat mengakomodir semua murid dengan tipe belajar yang beragam, seperti visual, auditori dan kinestetik,” ujarnya.

Andi kemudian membeberkan empat langkah pembelajaran berdifensiasi. Pertama, yaitu kegiatan menyimak video animasi yang mendemonstrasikan jaring-jaring balok yang bisa dibentuk menjadi bangun ruang balok. Kegiatan ini mengakomodasi murid dengan gaya belajar tipe visual dan auditori.

Kedua, yaitu kegitan menyimak gambar contoh model jaring-jaring balok dengan warna yang menarik. Kegiatan ini mengakomodasi murid dengan gaya belajar tipe visual.

Ketiga, yaitu kegiatan diskusi murid bersama guru untuk menemukan informasi dari kegiatan pertama dan kedua. Informasi yang didapatkan terkait ciri-ciri dari jaring-jaring balok.

Keempat, yaitu kegiatan kolaborasi melalui kerja kelompok dengan anggota maksimal tiga murid. Kegiatan yang dilakukan adalah membuat jaring-jaring balok dengan petujuk dan bimbingan guru kemudian ditempel di depan kelas. Kegiatan ini mengakomodasi murid dengan gaya belajar tipe kinestetik.

Pembelajaran diakhiri dengan membuat simpulan materi pembelajaran secara bersama-sama antara murid dengan guru.

Menurut salah satu murid kelas V, Rajendra Elvaro Athallah Wibisono, pembelajaran Matematika yang diikutinya sangat seru dan menyenangkan.

“Saya merasa senang dengan pembelajaran Matematika secara berkelompok, semoga kegiatan pembelajaran seperti ini bisa terus dilakukan di kelas,” pungkasnya. (Arifin)

Tags: SD Muhammadiyah PK Kottabarat
Suara Muhammadiyah

Suara Muhammadiyah

Related Posts

Leker Berkat
Berita

Dongkrak Motivasi Belajar dengan Leker Berkat

19 Mei, 2022
SD Muhammadiyah PK Belajar Arsitektur bersama KMTA Mengajar
Berita

SD Muhammadiyah PK Belajar Arsitektur bersama KMTA Mengajar

17 Mei, 2022
Pesantren Ramadan Menginspirasi dengan Berbagi Keceriaan
Berita

Pesantren Ramadan Menginspirasi dengan Berbagi Keceriaan

25 April, 2022
Next Post
Wisudawan Terbaik

Wisudawan Terbaik Unismuh, Penulis di Jurnal Bereputasi - Selesai 3,5 Tahun

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Kotak Pos
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Pedoman Media

© SM 2021

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Editorial
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
  • Edutorial

© SM 2021

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In