• Tentang SM
  • Disclaimer
  • Redaksi
  • Media Siber
  • Term & Condition
  • Privacy Policy
  • Hubungi Kami
Rabu, Februari 1, 2023
Suara Muhammadiyah
No Result
View All Result
  • Login
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
  • Edutorial
  • Muktamar
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
  • Edutorial
  • Muktamar
No Result
View All Result
suaramuhammadiyah
No Result
View All Result

Asesmen Diagnostik Cara Memotret Profil Siswa

Suara Muhammadiyah by Suara Muhammadiyah
12 Juni, 2022
in Berita
Reading Time: 1 min read
A A
0
Asesmen Diagnostik Cara Memotret Profil Siswa
Share

Asesmen Diagnostik Cara Memotret Profil Siswa

SOLO, Suara Muhammadiyah – Asesmen diagnostik (AD) merupakan cara memotret profil siswa. Demikian disampaikan Sri Sayekti pada acara Rapat Koordinasi Kegiatan Sekolah yang digelar secara tatap muka, Jumat (10/6/2022).

Baca Juga

Sepenuh Hati Kunci Layanan Pendidikan Berkemajuan

KKL UMC Terkesan dengan SD Muhammadiyah 1 Ketelan

Dalam acara yang dilaksanakan tim guru berkolaborasi Cindo Consulting biro psikologi dan konsultan manajemen SDM, dia mengatakan asesmen ini diadakan SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta sebagai implementasi Program sekolah penggerak dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Pendidikan Tinggi.

“AD ini diadakan untuk memberikan manfaat bagi sekolah, guru dan orang tua sebagai landasan dalam mendidik dan membimbing mereka mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan yang dibutuhkan,” ungkap Kepala Sekolah Penggerak Sri Sayekti.

Sayekti menjelaskan tujuan AD ini secara spesifik, bagaimana mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, kelemahan siswa, sehingga pembelajaran bisa dirancang sesuai dengan kompetensi dan kondisi siswa. “Kelas 1 berkaitan profil siswa, tipe belajar siswa. Kemudahan bagi guru kelas 2 untuk mengetahui cara belajar,” ujarnya.

Dia berharap dengan diadakannya AD ini bisa berdampak pada karakter dan membangun sekaligus meningkatkan hasil belajar siswa. “Ketika hal ini bisa dicapai tentunya ini bisa sebagai acuan pendidik untuk mendesain proses pembelajaran ataupun dalam menyusun bahan ajar dan media pembelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa,” jelasnya.

Sayekti mengatakan kelas 3 berkaitan dengan bakat dan minat. Sedangkan kelas 4 pengelompokan berdasarkan minatnya. Tidak ada penjurusan. Dan tidak ada moving class.

“Berdasarkan hasil asesmen diagnosis gaya belajar siswa bisa diketahui bahwa gaya belajar ada tiga jenis gaya belajar baik visual, auditori, dan kinestetik. Bisa menonjol di bidang tahfiz, seni, olahraga, iptek (sains, teknologi informasi komunikasi, dan Bahasa inggris),” tuturnya. Sedangkan ketiga, lanjutnya, adalah survai lingkungan

Sayekti berharap dengan dilaksanakannya AD tersebut, bisa benar-benar memotret profil siswa di Program Sekolah Penggerak, berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik. “Diawali dengan SDM yang unggul baik kepala sekolah, guru dan warga sekolah,” katanya.

Penilaian diagnostik, sambungnya perlu dilakukan karena akan memampukan guru mengidentifikasi ketertinggalan kompetensi, kekuatan, kelemahan siswa. Hasil penilaian diagnostik akan digunakan sebagai acuan pelaksanaan pembelajaran. Guru perlu merancang dan melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dan kondisi siswa. (Jatmiko)

Tags: SD Muhammadiyah 1 Ketelan
Suara Muhammadiyah

Suara Muhammadiyah

Related Posts

Sepenuh Hati Kunci Layanan Pendidikan Berkemajuan
Berita

Sepenuh Hati Kunci Layanan Pendidikan Berkemajuan

30 Januari, 2023
KKL UMC Terkesan dengan SD Muhammadiyah 1 Ketelan
Berita

KKL UMC Terkesan dengan SD Muhammadiyah 1 Ketelan

24 Januari, 2023
Kali Pertama Karya Projek Pancasila di Monumen Pers Nasional
Berita

Kali Pertama Karya Projek Pancasila di Monumen Pers Nasional

19 Januari, 2023
Next Post
SD MuhlaS Gelar Purnawidya Angkatan ke-48

SD MuhlaS Gelar Purnawidya Angkatan ke-48

Please login to join discussion
  • Kotak Pos
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Pedoman Media

© SM 2021

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
  • Edutorial
  • Muktamar

© SM 2021

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In