• Tentang SM
  • Disclaimer
  • Redaksi
  • Media Siber
  • Term & Condition
  • Privacy Policy
  • Hubungi Kami
Rabu, Februari 1, 2023
Suara Muhammadiyah
No Result
View All Result
  • Login
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
  • Edutorial
  • Muktamar
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
  • Edutorial
  • Muktamar
No Result
View All Result
suaramuhammadiyah
No Result
View All Result

Dosen UM Bandung Dampingi Perizinan Usaha dan Digital Marketing UMKM

Suara Muhammadiyah by Suara Muhammadiyah
8 September, 2022
in Berita
Reading Time: 2 mins read
A A
0
Dosen UM Bandung Dampingi Perizinan Usaha dan Digital Marketing UMKM
Share

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) melaksanakan Pengabdian Masyarakat Stimulus dengan mitra UMK D&J Black Garlic.

Kegiatan ini berlangsung di Cigugur, Desa Margaasih, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, selama tiga kali pada Juli – September 2022

Baca Juga

Mahasiwa Unimma Kembangkan Pemasaran Digital Marketing UMKM

Meraih Mimpi, Mahasiswa PIAUD UM Bandung Jadi Bintang Marina

Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa program studi Farmasi, Ilmu Komunikasi, dan Bioteknologi.

Kegiatan ini merupakan bentuk pembelajaran dari dosen kepada mahasiswa di luar area kampus sehingga diharapkan tidak menghalangi semangat dosen dan mahasiswa.

Secara umum pelaksanaan pengabdian masyarakat ini berjalan lancar dan sesuai dengan program yang direncanakan. Program ini mendapatkan dana hibah PKMs dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek.

Ketua tim pengabdian masyarakat stimulus D&J black garlic adalah Apt. Fauzia Ningrum Syaputri M.Farm dari prodi Farmasi dan anggota tim adalah Ulfa Yuniati, S.I.Kom., M.Si. dari prodi Ilmu Komunikasi dan Luthfia Hastiani Muharram, S.Si., M.Si. dari prodi Bioteknologi. Selain itu program ini melibatkan mahasiswa yang akan mendapatkan rekognisi SKS dan SKPI.

Program ini terdiri dari pelatihan dan pendampingan mengenai “Perizinan Berusaha Untuk UMK (Usaha Mikro Kecil) dan Program Pemberdayaan UMKM serta Perlindungan HKI” yang disampaikan oleh Owner Roti Yu Saepul Adnan S.Si., M.Si.

Dalam pemaparannya, Saepul Adnan menyampaikan bahwa percepatan legalitas UMK (Usaha Mikro Kecil) melalui sistem OSS untuk saat ini sudah mudah, yakni hanya dengan mempersiapkan berkas secara online.

Selain itu, kemudahan legalitas harus ada pendampingan untuk mendapatkan NIB (Nomor Induk Berusaha) yang merupakan identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh lembaga Online Single Submission (OSS) atau Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

“Sebaiknya Black Garlic untuk menguatkan branding suatu UMKM tersebut di Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk mengamankan produk Black Garlic agar lebih safety dalam berbisnis,” ungkapnya.

Identitas pelaku usaha

Mitra mendapatkan pemaparan yang baik mengenai izin usaha dan HKI dan melengkapi persyaratan pengajuan NIB melalui OSS. NIB merupakan identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh BKPM. Proses pengajuan NIB mitra D&J Black Garlic berlangsung dengan lancar didampingi oleh Luthfia Hastiani Muaharram, M.Si.

“Penerbitan NIB tidak memakan waktu lama, sehari sudah dapat nomor NIB. Asalkan dokumen lengkap dan memahami alur sistem pengajuan di OSS,” tutur Saepul Adnan.

Penyerahan alat food dehydrator berupa oven khusus fermentasi yang dilengkapi dengan pengatur suhu dan pengatur waktu: seperangkat alat mini studio foto atau portable kit foto serta pemberian bahan baku produksi merupakan program PKMs untuk Mitra D&J Black Garlic.

Untuk mengenalkan produk black garlic kepada calon konsumen, mitra perlu diberikan pemahaman dalam branding. Branding adalah salah satu kegiatan mengenalkan ciri khas dari produk yang dijual dengan tujuan kesadaran konsumen akan D&J Black Garlic ini.

Digital marketing

Kegiatan pelatihan pemasaran digital branding pada mitra adalah program yang tepat karena mitra masih minim ilmu dalam branding, digital marketing, maupun alat pemasaran pendukung.

Pelatihan-pelatihan ini perlu lebih sering dilaksanakan untuk membangun kesadaran dan pemahaman mengenai digital marketing dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat dan mengelola akun media sosial.

Selain itu, pelaku UMKM juga harus menumbuhkan keberanian untuk mencoba hal yang baru, berlaku profesional, dan sabar menunggu hasil sambil terus berkreasi.

Manfaat yang didapat setelah kegiatan ini selesai dilaksanakan adalah produsen industri rumah tangga black garlic dapat menghasilkan produk yang lebih banyak, lebih berkualitas dengan waktu produksi yang lebih singkat, sehingga dapat menghasilkan produk dengan harga jual yang bersaing.

Tentunya dalam jangka panjang dapat meningkatkan pendapatan keluarga pelaku industry rumah tangga tersebut.

Tags: UM BandungUMKM
Suara Muhammadiyah

Suara Muhammadiyah

Related Posts

Mahasiwa Unimma Kembangkan Pemasaran Digital Marketing UMKM
Berita

Mahasiwa Unimma Kembangkan Pemasaran Digital Marketing UMKM

30 Januari, 2023
Meraih Mimpi, Mahasiswa PIAUD UM Bandung Jadi Bintang Marina
Berita

Meraih Mimpi, Mahasiswa PIAUD UM Bandung Jadi Bintang Marina

28 Januari, 2023
Keren! Mahasiswa UM Bandung Juara 1 Pharmanova ITB
Berita

Keren! Mahasiswa UM Bandung Juara 1 Pharmanova ITB

22 Januari, 2023
Next Post
Mengemas ‘Lesson Learned’ Eco Bhinneka Muhammadiyah secara Menarik

Mengemas 'Lesson Learned' Eco Bhinneka Muhammadiyah secara Menarik

Please login to join discussion
  • Kotak Pos
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Pedoman Media

© SM 2021

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
  • Edutorial
  • Muktamar

© SM 2021

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In