• Tentang SM
  • Disclaimer
  • Redaksi
  • Media Siber
  • Term & Condition
  • Privacy Policy
  • Hubungi Kami
Kamis, Maret 23, 2023
Suara Muhammadiyah
No Result
View All Result
  • Login
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
No Result
View All Result
suaramuhammadiyah
No Result
View All Result

Tingkatkan Motivasi Belajar Matematika dengan Permainan Roll Botol

Suara Muhammadiyah by Suara Muhammadiyah
27 September, 2022
in Berita
Reading Time: 1 min read
A A
0
Tingkatkan Motivasi Belajar Matematika dengan Permainan Roll Botol
Share

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Sebagian murid menganggap pelajaran Matematika menyusahkan, membosankan, dan membuat pikiran menjadi tegang. Pelajaran yang tidak luwes dan terlalu terstruktur berpotensi membuat murid jenuh dan cenderung tidak menyukai pelajaran tersebut.

Bagi murid, belajar sambil bermain merupakan metode belajar yang menarik karena suasana belajar lebih bersahabat dengan mereka. Terlebih pada pembelajaran Matematika yang biasanya dianggap sebagai mata pelajaran serius.

Baca Juga

Internalisasi Keislaman dan Kemuhammadiyahan dalam Pelajaran Matematika

Media Kosapa Tingkatkan Pemahaman Belajar Matematika

Seperti yang dilakukan Noviana Rahmawati, guru kelas II SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta memilih menggunakan “Permainan Roll Botol” pada materi penjumlahan, Selasa (27/9/2022).

Menurut Noviana, penerapan permainan roll botol menjadikan pembelajaran lebih menarik dan meningkatkan motivasi belajar murid terhadap pembelajaran Matematika.

Desain pelaksanaan pembelajaran Matematika berbasis permainan roll botol, pada mulanya murid dibagi menjadi empat kelompok. Setiap kelompok beranggotan enam anak dan berjajar menjadi enam baris.

Pengelompokan murid setiap baris berdasarkan kemampuan Matematika. Selanjutnya, guru memberikan soal penjumlahan untuk baris pertama, lalu ke baris kedua, dan seterusnya. Murid diberikan waktu untuk menjawab. Murid yang hasil jawabannya benar berkesempatan memainkan permainan roll botol.

Cara memainkan roll botol yaitu dengan menggelindingkan botol bekas air mineral berisi air pada papan kertas dengan empat kategori, yaitu very good, excellent, good, study hard.

Very good skornya 400, excellent skornya 300, good skornya 200, dan study hard skornya 100. Apabila murid menggelindingkan botol air mineral dan berhenti pada kategori very good, maka guru memberikan skor 400 pada kelompok tersebut, dan seterusnya sesuai ketentuan skor yang sudah dibuat.

Noviana berharap, melalui permainan ini murid menjadi lebih termotivasi dalam belajar Matematika.

“Matematika itu mengasyikkan,” ujarnya.

Salah satu murid kelas II, Sakha Aruna Al Farukh, mengaku senang dengan permainan Matematika tersebut

“Aku senang, ternyata belajar Matematika bisa dibuat permainan, sangat seru,” ungkapnya. (Nikmah Hidayati)

Tags: MatematikaPermainan
Suara Muhammadiyah

Suara Muhammadiyah

Related Posts

Internalisasi Keislaman dan Kemuhammadiyahan dalam Pelajaran Matematika
Opini

Internalisasi Keislaman dan Kemuhammadiyahan dalam Pelajaran Matematika

13 Januari, 2023
Media Kosapa Tingkatkan Pemahaman Belajar Matematika
Opini

Media Kosapa Tingkatkan Pemahaman Belajar Matematika

9 Januari, 2023
Yudha Febrianta
Berita

Demam Lato-Lato, Dosen UMP: Dapat Melatih Motorik Anak

5 Januari, 2023
Next Post
Inspiratif, Inilah Para Peraih UMY Alumni Awards 2022 

Inspiratif, Inilah Para Peraih UMY Alumni Awards 2022 

Please login to join discussion
  • Kotak Pos
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Pedoman Media

© SM 2021

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora

© SM 2021

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In