YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai tempat awal berdiri dan berkembangnya Muhammadiyah mesti didukung oleh banyak kekuatan, terutama melalui Amal Usaha Muhammadiyah yang bergerak di bidang pendidikan.
Sejalan dengan amanat Muktamar 48 Muhammadiyah di Surakarta dan hasil Musywil Muhammadiyah D. I. Yogyakarta 2023, kepala sekolah adalah garda terdepan dalam upaya mewujudkan tujuan Persyarikatan yaitu terciptanya sekolah/madrasah unggul. Sehingga diharapkan amanah ini menjadi orientasi dan cita-cita bersama
Penegasan itu disampaikan oleh Achmad Muhamad, M.Ag. selaku Ketua Majelis Dikdasmen PNF Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY saat menyampaikan arahan pada kegiatan rapat dinas kepala sekolah jenjang SMP/MTs Muhammadiyah se-DIY.
Kegiatan yang berlangsung di Gedung Aula PWM DIY, Senin, (27/11) ini merupakan persiapan sekolah/madrasah dalam rangka menyambut pelaksanaan ujian Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA).
Terkait kriteria sekolah/madrasah unggul, Achmad Muhamad menyebutkan bahwa terdapat kriteria umum dan khusus. “Persoalan bagaimana bentuk sekolah/madrasah unggul, kami telah menetapkan ke dalam lima kriteria umum,” ungkap Achmad.
Lima kriteria itu adalah implementasi kultur sekolah berbasis nilai-nilai ISMUBA yang menjadi karakteristik, kepemimpinan yang inklusif dalam manajemen sekolah, kondisi lingkungan sekolah (sarana prasarana) dan sosial mendukung proses pembelajaran yang berkualitas, kemitraan dengan pemangku kepentingan baik di lingkup internal maupun eksternal, dan keunggulan di bidang tertentu sebagai branding sekolah untuk membangun citra baik di masyarakat.
“Pembelajaran ISMUBA merupakan isi dari transformasi pendidikan Muhammadiyah berbasis ISMUBA sebagai karakter utama, maka kriteria ini menjadi ciri khas sekolah/madrasah unggul Muhammadiyah,” jelas Achmad.
Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) Majelis Dikdasmen PNF PWM DIY, Dr. Muhammad Lailan Arqam, M.Pd., menambahkan arti penting internalisasi nilai-nilai ISMUBA bagi warga sekolah Muhammadiyah bukan sekadar mata pelajaran yang dibuktikan dengan nilai, akan tetapi AIK mesti jadi pedoman hidup bagi setiap warga sekolah.
“Sekolah harus membangun kesadaran pada siswa dan guru secara sungguh-sungguh, guna mengukur capaian dan keberhasilan ISMUBA. Sebab itu proses penanaman dan penilaian ISMUBA harap dilaksanakan secara totalitas,” ujar Lailan Arqam. (guf/syq/diko)