Fakultas Geografi UMS Gelar Kuliah Umum Kebijakan Satu Peta

Publish

16 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
166
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SOLO, Suara Muhammadiyah - Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah menggelar Kuliah Umum yang bertajuk “Kebijakan Satu Peta dan Pengembangan Peta Skala 1:5000 serta Implikasinya untuk Pengembangan Industri Geospasial Indonesia di Era 4.0,” yang berlangsung di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS.

Dekan Fakultas Geografi UMS, Jumadi, S.Si., M.Sc., Ph.D., mengatakan bahwa Kuliah Umum yang dilaksanakan pada Rabu, (8/5), itu menghadirkan pembicara dari Kepala Badan Informasi Geospasial, Prof., Dr.rer.nat., Muh Aris Marfai, S.Si., M.Sc., dengan dipandu oleh moderator Wahyu Tyas Pramono, S.Si., M.Sc., dari Dosen Fakultas Geografi UMS.

Jumadi mengungkapkan tujuan dari dilaksanakannya kuliah umum ini untuk memberikan informasi perkembangan teknologi dan data geospatial.

"Kuliah Umum Kebijakan Satu Peta dan Pengembangan Peta Skala 1:5000 bertujuan untuk memberikan informasi mengenai perkembangan teknologi dan data geospatial di Indonesia," tuturnya, Kamis, (16/5).

Pada kesempatan tersebut, Aris Marfai menjelaskan betapa pentingnya kebijakan satu peta di Indonesia.

“Kebijakan satu peta dengan satu standar basis data yang sama digunakan untuk semua peta di Indonesia agar mengurai tumpang tindih,” ungkap Aris Marfai, yang juga Guru Besar di Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Ada beberapa tantangan, lanjut dia, yang akan dihadapi dalam pembuatan peta ini. Pertama, cakupan dan ketinggian awan di Indonesia. Kedua, kondisi lingkungan dan pemukiman yang kompleks. Kemudian terakhir, ketersediaan peta dasar seluruh indonesia dalam berbagai skala.

Aris Marfai berharap, kebijakan satu peta ini akan memberikan peluang yang besar. Terutama melihat potensi bisnis industri geospasial global antara lain dengan adanya mobile sensors & mapping, big data analysis, smart cities, Internet of Things (loT), location based services, dan lain sebagainya. (Yusuf/Humas)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PADANGPANJANG, Suara Muhammadiyah -- Pesantren Kauman Muhammadiyah Padangpanjang tambah 1 rombel jal....

Suara Muhammadiyah

19 June 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengawali proses pen....

Suara Muhammadiyah

25 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Wakil Menteri ATR/ BPN Raja Juli Antoni menjadi saksi penandata....

Suara Muhammadiyah

28 July 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah — Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah menyelenggarakan agenda Tanwir pad....

Suara Muhammadiyah

4 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Konferensi Islam (OKI) dan Liga Arab berhasil menyelenggarakan Ko....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah