Pemberdayaan Ekonomi dengan Filantropi, Waqaf dan Servant Leadership

Publish

10 October 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
260
sumber gambar: pixabay.com

sumber gambar: pixabay.com

Drh. H. Baskoro Tri Caroko, LPCRPM PP Muhammadiyah. bidang Pemberdayaan Ekonomi Seni dan Budaya

Membuat grand design pemberdayaan ekonomi bukan urusan mudah. Harus diawali mindset yang benar, bukan untuk kepentingan pribadi, keluarga dan kelompok sendiri atau pencitraan cari suara. Pemberdayaan ekonomi adalah upaya agar objek memiliki kekuatan ekonomi. Siapa obyeknya, dan bagaimana caranya, harus detail, untuk dikaji efektifitasnya, visibilitasnya dan keamanan investasinya. Pemberdayaan ekonomi adalah bisnis, bukan penelitian, kegiatan sosial, atau bagi bagi proyek. Aspek produktifitas, efisiensi biaya dan manajemen risiko wajib diperhatikan, sehingga harus ada ahlinya.

Obyek pemberdayaan yang seharusnya diperhatikan adalah anak yatim, kaum lemah yang tertindas, terbelakang, terlantar dan di bawah garis kemiskinan termasuk ekonomi akar rumput sebagai pelaku usaha kecil dan mikro yang beroperasi di tingkat lokal dan langsung berhubungan dengan masyarakat. Pemberdayaan ekonomi bertujuan memperkuat sistem usaha agar obyek lebih berdaya saing melalui penguatan struktur dan distribusi, dengan cara memberikan akses sumberdaya yang berkualitas, sistem bisnis kondusif serta akses pasar yang potensial, aman dan menguntungkan.

Struktur dan distribusi sangat penting, berdasarkan pengalaman tahun 98 di Yogyakarta, ketika asyik memberdayakan warga kampung yang bekerja sebagai sopir angkot, calo terminal dan pedagang kecil. Setelah kulakan barang, kami membuat jaringan pemasaran, mulai berdagang. Omzet tumbuh pesat, semua bahagia. Tapi kebahagiaan kami hanya sebentar saja, karena ada pemodal lebih kuat mendapat (barang & harga) istimewa, melakukan dumping jauh dibawah harga pasar, akhirnya kami bangkrut. Untuk kepentingan pemberdayaan ekonomi, subyek harus paham dan menguasai produksi.

Dengan memiliki kemampuan produksi sendiri, subyek tidak lagi tergantung pihak luar, lebih mandiri dan berdaulat penuh menyiapkan suplai produk dengan kualitas & harga terbaik agar obyek memiliki daya saing. Sistem harus berpihak pada kepentingan obyek, meliputi batas area jual, kondisi penjualan dan standarisasi layanan pelanggan. Subyek harus menyiapkan program pendukungnya seperti sertifikasi, seminar dan bazar sebagai promosi produk, serta pemanfaatan teknologi informasi terkini untuk memperluas jangkauan pasar. Atas izin Allah SWT, obyek menjadi semakin berdaya.

Pemberdayaan ekonomi sebagai pilar keempat gerakan dakwah Muhammadiyah harus menggunakan tata kelola terbaik sebagai filantropi dan untuk pemberdayaan waqaf. Konsep filantropi memposisikan Muhammadiyah menjadi motor penggerak, sebagai pasar terbaik akar rumput di sektor hulu sekaligus menyediakan produk terbaik bagi akar rumput sektor hilir di cabang ranting. Waqaf adalah mesin ekonomi terbaik, penting sebagai pengendali sistem agar sesuai kaidah bisnis yang professional, visible, sustainable dan provitable. Berasal dari kebaikan, caranya baik dan hasilnya untuk kebaikan.

Pemberdayaan ekonomi adalah bisnis. Supaya menguntungkan harus diawali menyamakan persepsi semua pimpinan, mindset change dengan Servant Leadership kepemimpinan yang melayani, peduli, berani dan baik hati, menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf dan mencegah dari perbuatan mungkar. Agar tidak merugi harus yakin dan patuh terhadap semua ketentuan Allah SWT, berkomitmen menggunakan cara yang baik saja, saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran. Sehingga atas berkat rahmat Allah SWT terwujud Indonesia yang berkemajuan dan terbebas dari krisis.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Wawasan

Oleh: Gunawan Trihantoro, SPdI Angkatan Muda Muhammadiyah, Anggota Satupena Jawa Tengah dan penulis....

Suara Muhammadiyah

19 August 2024

Wawasan

Berbangsa dan Bernegara dengan Menjunjung Hukum dan Etika Oleh: Rumini Zulfikar, Penasehat PRM Trok....

Suara Muhammadiyah

11 October 2024

Wawasan

365 Hari Dilalui, 365 Hari Akan Kita Hadapi Oleh : Machnun Uzni, S.I.Kom, Wakil Sekertaris Pimpinan....

Suara Muhammadiyah

31 December 2023

Wawasan

Bagaimana Islam Melihat Sosok Isa Al Masih (Mesias)?  Oleh: Donny Syofyan, Dosen Fakultas Ilmu....

Suara Muhammadiyah

21 June 2024

Wawasan

Mengikis Sifat Egois Oleh: Akhmad Wahyudi, Mudarris Ma’had Imam Malik Universitas Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

25 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah