SD Muhammadiyah Pendowoharjo Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran

Publish

22 July 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

1
187
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANTUL, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah Pendowoharjo pada Senin (22/7/24) melaksanakan kegiatan simulasi penanganan kebakaran. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan tenaga kependidikan, dan didukung oleh Pasukan Damkar Kabupaten Bantul.

Kepala SD Muhammadiyah Pendowoharjo, Ardiani, menjelaskan tujuan kegiatan ini agar siswa dan seluruh warga sekolah memahami cara mengidentifikasi bahaya kebakaran, mampu mengoperasikan alat pemadam kebakaran yang sederhana dan aman, serta membudayakan prosedur evakuasi yang aman dan tertib. 

“Simulasi penanganan kebakaran di sekolah dapat membekali siswa mengenai langkah-langkah konkret untuk menghadapi keadaan darurat, sekaligus membentuk sikap siap siaga dan rasa percaya diri dalam menghadapi situasi kebakaran,” tandasnya. Melalui latihan seperti itu, pihaknya berupaya melakukan pengurangan risiko demi keselamatan semua warga sekolah dalam situasi darurat kebakaran yang tidak terduga.

“Bagi SD Muhammadiyah Pendowoharjo, keselamatan warga sekolah sangat diutamakan,” ujar Ardiani. Oleh karena itu, semua warga sekolah harus mempelajari cara merespons kebakaran dan menggunakan alat pemadam kebakaran dengan benar. 

“Dibanding sekedar teori, simulasi pemadam kebakaran merupakan cara efektif untuk mengajarkan anak-anak tentang langkah-langkah yang harus diambil jika terjadi kebakaran di sekitar mereka,” tegasnya. Menurut Ardiani, simulasi penanganan kebakaran perlu dilakukan secara berkala, dalam membangun budaya keselamatan yang kuat di antara siswa, guru, dan tenaga kependidikan.

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) DIY, mengapresiasi upaya SD Muhammadiyah Pendowoharjo dalam membangun budaya keselamatan melalui mitigasi bahaya kebakaran. Melalui kegiatan ini, SD Muhammadiyah Pendowoharjo menunjukkan sebagai satuan pendidikan yang aman dan memiliki kesiapsiagaan  dalam memitigasi risiko bencana.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri dan Ke....

Suara Muhammadiyah

25 February 2024

Berita

BANGKOK, Suara Muhammadiyah - Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) turut serta....

Suara Muhammadiyah

14 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menerima Surat Keput....

Suara Muhammadiyah

5 April 2024

Berita

BANJARBARU, Suara Muhammadiyah – Lembaga Ambil Zakat Infaq Shodaqoh (Lazismu) Banjarbaru sampa....

Suara Muhammadiyah

12 December 2023

Berita

BANJARNEGARA, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah melalui Induk Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM) menga....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah