Tuan Rumah KRI, UMS Bertekad Kembangkan Robot-Robot Baru

Publish

29 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
157
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SOLO, Suara Muhammadiyah - Gelaran Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 memasuki babak Seleksi Wilayah I & II. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) selaku Tuan Rumah kontes mendapatkan apresiasi yang baik dari Ketua Juri KRI 2024. 

Ketua Dewan Juri KRI 2024 Prof. Dr.Eng. Drs. Benyamin Kusumoputro, M.Eng., menyampaikan apresiasi tersebut kepada UMS, saat berada di venue KRI 2024 Edutorium UMS.

"Rasanya UMS memang hebat ya. Jadi pertama kali lihat gedungnya, gedung ini sebenarnya punya jebakan juga. Jebakan gedungnya mewah, pertanyaan berikutnya mampu tidak menjadi tuan rumah yang baik?" tanyanya.

Dia meneruskan, tapi ternyata ketika berinteraksi, Ketua Juri KRI 2024 itu yakin bahwa UMS bisa menjadi tuan rumah yang baik dan membuat suasana kontes robotika ini menjadi lebih meriah. 

Berbicara mengenai robotika, dia menyampaikan bahwa sebenarnya Indonesia tidak terlalu kalah dengan di luar negeri. Hanya saja faktor perekenomian sedang sedikit runyam. 

"Itu sebenarnya yang jadi konsen kita sebenarnya. Jadi jangan sampai, semangat tentang pengembangan keilmuan terutama di bidang otonomi, otonomus, robotik itu menjadi berkurang peminatnya," ungkap Benyamin.

Dia juga berharap dengan dilakukan kontes robot di UMS dapat mengangkat lagi atau menambah semangat.

Antusias mahasiswa untuk mengikuti kontes robot sangat bagus, hanya beberapa perguruan tinggi tidak mengirimkan tim karena faktor dana. UMS sendiri pada tahun ini mengirimkan empat tim pada divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI); Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

"Sebenarnya kita ingin ada tim-tim robot lain karena sebenarnya ada 7 kategori. Kita sedang berusaha untuk mencari sponsor agar mereka juga terlibat. Jadi pendidikan di UMS ini tidak hanya sekedar dari sumber dana UMS, tapi bagaimana bisa menggandeng beberapa mitra agar mereka juga ikut terlibat di dalam pengembangan robotika ini," tutur Prof. Ihwan Susila, M.Si., Ph.D, Wakil Rektor III UMS.

Ihwan menyampaikan bahwa UMS sudah cukup intens berdiskusi dengan mitra untuk mengembangkan robot di Indonesia terutama di UMS. 

"Ke depan kita akan support anak-anak yang memang mereka akan mengembangkan robot kategori baru karena kita hanya punya 4 dan kita mudah-mudahan tahun depan kita bisa 7 robot bisa diikuti. Tapi tentu ini tergantung juga dengan anak-anak, karena robot itu tidak sekedar cari robot atau bikin robot, tapi riset tentang robotika itu penting," ungkapnya.

Mahasiswa UMS disampaikan telah memiliki kemampuan untuk melakukan riset di bidang robotika sekaligus mengembangkan. Peranan dosen juga penting untuk membimbing mahasiswa untuk bisa mendapatkan prestasi tersebut. 

UMS terus mengajak dosen-dosen terutama di Fakultas Teknik untuk Prodi Teknik Elektro maupun Teknik Industri untuk menjadi pembimbing atau pembina komunitas robot di UMS ini.

Bersaing Hingga Internasional

Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., menyampaikan total peserta Kontes Robot Indonesia (KRI) kali ini terdapat 317 tim dan UMS mengirim 4 tim untuk ikut serta dalam perlombaan.

 “Anak anak bangsa ini yang harus kita hargai, mereka para peserta tentu punya talenta-talenta hebat merancang dan memprogramer robotnya," tutur Sofyan Anif, saat melakukan jumpa pers, Senin (27/5).

Sofyan Anif yakin bahwa Indonesia mampu bersaing tidak hanya secara nasional namun juga secara internasional seperti dengan Cina. 

Selaku Rektor dia bangga dengan peserta tim yang ikut berpartisipasi dalam ajang ini, baik tim dari UMS maupun tim dari perguruan tinggi lainnya. 

“Karir momentum yang sangat menggembirakan sekaligus menjukkan ekstensi bangsa kita tidak tertinggal jauh dengan negara lain,” tegas Rektor UMS.

Rektor UMS juga berharap, UMS mampu mendapatkan juara, dan semoga ke depannya semakin meningkat hingga level international.

Di hadapan awak media, Ketua Dewan Juri KRI 2024 Prof. Dr. Eng. Drs. Benyamin Kusumoputro, M.Eng., mengatakan bahwa pada tahun ini KRI mengusung tema baru untuk Divisi yaitu Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) yaitu Robot Pemilah Sampah,  dan baru pertama kali dilombakan di UMS ini. 

“Kalau dari yang rumit itu (KRTMI) karena temanya baru dilakukan, bagaimana robot dapat memisahkan sampah dan menggunakan AI didalamnya," ujar Ketua Dewan Juri KRI 2024. (Ayes/Maysali/Humas)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menindaklanjuti kondisi darurat sampah yang sedang terjadi di wilay....

Suara Muhammadiyah

6 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka memeriahkan momentum Milad ke-27 Masjid Baiturah....

Suara Muhammadiyah

7 January 2024

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terus menunjukkan komi....

Suara Muhammadiyah

27 October 2023

Berita

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Kamis 7 September 2023 menerima kunjungan 260 siswa TK Unggulan Ai....

Suara Muhammadiyah

7 September 2023

Berita

SERANG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melalui menggulirkan enam program....

Suara Muhammadiyah

22 July 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah