Akademisi India Nilai Inklusivitas Modal Membangun Multikulturalisme Asia

Publish

28 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
168
UMM

UMM

MALANG, Suara Muhammadiyah - Sebagai benua terluas, Asia memiliki kekayaan kultural yang beragam. Dimulai dari Asia Selatan, Asia Timur, Asia Barat, hingga Asia Tenggara. Keberagaman tersebut dapat diamati dari ragam etnis, agama, hingga kebudayaan. 

Menyikapi kondisi tersebut, Guru Besar Jawaharlal Nehru University (JNU) India, Prof. Gautam Kumar Jha, Ph.D mengajak para mahasiswa Prodi Hubungan Internasional (HI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memahami betapa pentingnya menghargai dan memahami beragam budaya selain Indonesia.

Melalui kelas Multikulturalisme di Asia, sebuah kelas hasil kerjasama Prodi HI UMM dengan Eurasia Foundation, Prof. Gautam menegaskan bahwa kita harus mendorong upaya persatuan dan kesatuan tanpa memandang etnis, budaya, maupun agama dalam lingkungan yang multikultural. 

“Kesetaraan, inklusivitas, dan toleransi merupakan kunci untuk membangun komunitas Asia yang presisi,” terang Prof. Gautam.

Menurut Prof. Gautam, nilai-nilai tersebut relevan dengan ajaran Mahatma Gandhi, yaitu tentang antikekerasan dan menghargai perbedaan. 

Jika diimplementasikan dengan baik, maka aktualisasi visi terciptanya komunitas masyarakat multikultural yang harmonis dapat tercapai. Salah satu cara mengimplementasikan nilai-nilai tersebut ialah melalui pendidikan.

“Sosialisasi dan edukasi terkait dengan penerimaan kondisi yang multikultural menjadi sangat penting, hal ini dikarenakan oleh nilai-nilai seperti inklusivitas dan toleransi dapat diterapkan mulai dari lingkungan sekolah atau pendidikan. Pertukaran pelajar dapat menjadi jembatan pertukaran budaya dan bahasa oleh peserta didik,” urai Prof. Gautam.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Gautam juga menawarkan kesempatan untuk melanjutkan studi ke India kepada para mahasiswa, terutama ke Jawaharlal Nehru University. 

“Salah satu manfaat komunitas di masyarakat yang multikultural ialah terbukanya aktivitas ekonomi yang lebih inklusif dan banyaknya peluang untuk melanjutkan studi ke luar negeri,” Prof. Gautam mengakhiri. (diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menjadi fasilitator Pelati....

Suara Muhammadiyah

24 April 2024

Berita

PANDEGLANG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Provinsi Banten melalui Departe....

Suara Muhammadiyah

18 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia menyelenggarakan Se....

Suara Muhammadiyah

23 July 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY Dr H Muhammad Ikhwan Ahada,....

Suara Muhammadiyah

16 March 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Salah satu Wisudawati Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah