GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah - ”Ketika produk kita tidak bisa dipamerkan secara offline, maka pamerkan produk kita secara online” ungkap Kamila Salsabela, S. I. Kom., M.A. dosen ilmu komunikasi UAD pada sesi pelatihan Pemasaran UMKM di desa Kepek, Gunungkidul pada tanggal 24 Januari 2025. Permasalahan pemasaran UMKM desa Kepek, Gunungkidul adalah belumnya memiliki toko offline. Selama ini sebagian besar pelaku UMKM melakukannya secara online, hanya saja masih sebatas memposting di media sosial dan e-commerce saja.
Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dengan bangga mengumumkan pelaksanaan program yang bertujuan untuk memberdayakan pertumbuhan industri halal melalui pemasaran digital dan branding destinasi. Acara ini akan berfokus pada pengembangan Desa Preneur Kepok Gumregah, sebuah inisiatif yang diharapkan dapat meningkatkan ekonomi lokal dan menciptakan peluang baru bagi masyarakat. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat Universitas Ahmad Dahlan yang berlangsung selama 2 tahun.
Dalam era digital yang semakin berkembang, pemasaran digital menjadi kunci untuk memperluas jangkauan pasar produk halal. Program ini akan menghadirkan berbagai pelatihan yang dirancang untuk membekali pelaku usaha lokal dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memasarkan produk mereka secara efektif di dunia maya.
Pelatihan pemasaran UMKM ini mengajak UMKM untuk tidak pesimis dalam persaingan pemasaran digital. Mengingat hari ini ranah digitral sudah melekat erat dengan aktivitas kehidupan manusia. Maka, pelatihan kali ini mengajak UMKM untuk menciptakan branding mereka dan mengoptimalkan media sosial dalam pemasaran mereka. Umunya, para pelaku UMKM ini hanya memiliki merek produk namun segementating dan positioning mereka belum optimal. Kendala umum inilah yang dilatih oleh tim pengabdian masyarakat UAD.
Selain itu, para pelaku UMKM ini dilatih membuat konten interaktif dan edukatif di beberapa media sosial. Tujuannya agar para pelaku UMKM ini dapat memaksimalkan pemasaran digital yang selama ini mereka lakukan. Permasalahan yang mereka hadapi adalah kurangnya keterampilan dalam membuat konten yang menarik dan manajemen waktu dalam pembuatan konten. Adapun rangkaian kegiatan pelatihan adalah mengajarkan teknik-teknik pemasaran online yang efektif. Materi pemasaran digital dan pentingnya branding digital oleh Fuandani Istiati, S. I. Kom., M.A. dan pengelolaan media sosial oleh Kamila Salsabela, S. I. Kom., M.A. dosen ilmu komunikasi UAD.