Bukan Telur Biasa, TelurMoe Resmi Diluncurkan

Publish

2 October 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

1
134
Peluncuran TelurMoe. Foto: Cris

Peluncuran TelurMoe. Foto: Cris

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) bersama LazisMu Pimpinan Pusat Muhammadiyah secara resmi melaunching TelurMoe Farm yang dikelola oleh Jamaah Tani Muhammadiyah (JATAM) Difabel Bejen, Caturharjo, Sleman, DIY, Rabu (2/10). Yakni sebuah peternakan ayam petelur sehat dan fungsional. Peluncuran ini dihadiri secara langsung oleh Ketua Umum PP Aisyiyah Salmah Orbayyinah.

Ketua MPM PP Muhammadiyah M Nurul Yamin mengatakan sangat bersyukur dengan launching TelurMoe ini. Menurutnya, TelurMoe merupakan bagian dari mata rantai jihad kedaulatan pangan yang ingin berfokus pada upaya pemberdayaan komunitas masyarakat.

“Di sisi lain ada nilai yang membedakan dari upaya-upaya setiap aktivitas pemberdayaan masyarakat yang dilakukan MPM. Maka, dipilihkan komunitas difabel di Dusun Bejen ini. Dan dipilihlah telur, bukan sembarang telur,” ujarnya.

Yamin mengatakan telur ini memiliki keunggulan sendiri daripada telur-telur pada umumnya. Di mana kaya akan kandungan nutrisi seperti tinggi Omega 3,6,9 DHA, bebas Salmonella dan E.coli, tinggi kandungan Fe, Se, Zn, rendah kolestrol dan lemah, protein Albumin lebih tinggi, dan tinggi Vitamin D.

Selain itu, TelurMoe lahir dari proses panjang sampai pada akhirnya diakui secara internasional dengan meraih sertifikasi dari Humane Farm Animal Care (HFAC). "Kami mengejar sertifikasi internasional dan alhamdulilah sertifikasi cara beternak ayam ini sudah kita dapatkan," katanya.

Disambung oleh Yamin, TelurMoe lahir dari proses yang panjang. Pada saat bersamaan terdapat nilai-nilai penting sesuai dengan gerakan dakwah Persyarikatan Muhammadiyah. Yakni nilai rahmatan lil ‘alamin yang proses pemeliharaannya mengutamakan kesejahteraan hewan. “Peternakan ramah terhadap hewan,” tegasnya.

Kemudian nilai pangan halal. Yamin menegaskan, kandungan TelurMoe mengutamakan kehalalan, dan terpenting adalah thayib. “Kandungan yang ada di dalam TelurMoe ini mudah-mudahan bukan hanya halal, tetapi thayib. Karena kita sudah mengeliminir semaksimal mungkin aspek-aspek mafsadatnya,” tuturnya.

Di sisi lain, Ketua LazisMu Pusat Imam Ahmad Mujadid Rais memberikan tahniah dan apresiasi setinggi-tingginya dengan peluncuran TelurMoe. Baginya, hadirnya TelorMoe menjadi bukti nyata upaya menyejahterakan hewan, bukan saja manusianya. Ini sesuai tarikan napas Islam rahmatan lil ‘alamin.

“Rahmat dimaknai sebagai perasaan lembut, cinta, penuh kasih sayang dihembuskan kepada orang yang dikasihi. Itulah bentuk wujud Rahmat pada hari ini (peluncuran TelurMoe). Apa yang Persyarikatan Muhammadiyah, Aisyiyah lakukan merupakan wujud Islam rahmatan lil ‘alamin,” jelasnya.

Serupa yang dikatakan Yamin, Rais melihat TelurMoe menjadi jalan demakarsi antara kedaulatan pangan dan ketahanan pangan. “Melalui langkah kecil, memberdayakan masyarakat, komunitas, ini merupakan langkah antar gagasan. Kita yang menentukan langkah, program, hasilnya, termasuk pilihan membahagian hewan peliharan. Ini saya kira satu garis yang tegas yang diambil MPM PP Muhammadiyah,” sambungnya. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah- Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad mengatakan bahwa mahasiswa bar....

Suara Muhammadiyah

21 September 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Program Studi Hukum Bisnis Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

2 April 2024

Berita

GRESIK, Suara Muhammadiyah - Ikatan Pelajar Muhammadiyah harus mampu untuk menciptakan gagasan baru ....

Suara Muhammadiyah

17 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 25 mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional (HI....

Suara Muhammadiyah

11 May 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Eco Bhinneka Muhammadiyah menerima kunjungan dari Ibu-Ibu Ulama Aceh p....

Suara Muhammadiyah

30 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah