Capacity Building dan Pengukuhan Seluruh Ranting PCM Wiyung

Publish

22 January 2024
prm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
422
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wiyung kota Surabaya adakan Capacity Building dan Pengukuhan PRM Se PCM Wiyung dengan mengangkat tema Percepatan Gerakan Menuju Wiyung BerGema di gedung SDM Limas, 21 Januari 2024.

Kegiatan yang dipandu ustad Mationo MA ini diikuti seluruh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wiyung dan Majelis serta Pimpinan Ranting yang akan dikukuhkan baik dari Wiyung, Jajartunggal, Balasklumrik dan Babatan. 

Dr H M Ridwan MPd dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada PCM Wiyung yang saat ini punya empat ranting, semoga bisa berkolaborasi dan semangat jalankan program kerja.

Setelah Pengukuhan PRM Se PCM Wiyung, dilanjutkan Capacity Building, materi pertama disampaikan oleh Ustad Dr H Ridwan MPd tentang BerMuhammadiyah dengan Bahagia dan Sukacita, tutur ustad Ridwan ada lima dasar dalam berdakwah yaitu 1. Dirikan sholat
2. Istiqomahb membaca Al Qur'an; 3. Tholabul Ilmi; 4. Laksanakan puasa; 5. Bersedekah meskipun sedikit.

"InsyaAllah kita BerMuhammadiyah akan selalu bahagia di dunia dan akhirat... Aamiin."Do'a ketua PDM kota Surabaya ini dengan penuh harapan.

Materi kedua oleh H Suri Marzuki SE ketua PCM Wiyung tentang PCM Wiyung BerGema, ustad Suri memulai dengan membaca surat An Nahl ayat 91 beserta terjemahannya, kekuatan PCM Wiyung dipimpin 9 orang, Ortom, Majelis dan KLL, PRM Se PCM Wiyung dan Amal Usaha Muhammadiyah.

Ciri khas gerakan Muhammadiyah, pertama Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah, Muhammadiyah sebagai gerakan Amar Makruf nahi mungkar dan ketiga Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid pembaharuan."Ada 3 ciri kriteria pemimpin yaitu pemimpin yang ikhlas, pemimpin cerdas dan pemimpin yang trengginas, insyaAllah PCM Wiyung akan selalu BerGema: Bergerak dan Maju." Tuturnya.

Materi ketiga Mengenal Wilayah Kerja Administrasi Keuangan oleh H Achmad Riyanto bendahara PCM Wiyung. Administrasi terbagi dua menurut Abah Riyanto panggilan akrabnya, yaitu administrasi umum dan administrasi keuangan. Administrasi umum itu pencatatan seluruh kegiatan atau pekerjaan dari perusahaan atau instansi atau organisasi, kecuali pencatatan dan pelaporan keuangan. Sedangkan administrasi keuangan itu pencatatan dan pelaporan sumber-sumber pendapatan dan pembiayaan kegiatan atau pekerjaan dari perusahaan atau instansi atau organisasi. 

Materi keempat PRM, Ortom, dan Majelis Kuat! PCM Wiyung Berjaya oleh Noorhudawan SPd MPdI wakil ketua PCM Wiyung, komitmen berorganisasi dan loyalitas berjuang di Muhammadiyah harus menjadi perhatian dalam menjalankan amanat di organisasi Muhammadiyah 

Materi terakhir kelima tentang Tauhid Pondasi Perjuangan BerMuhammadiyah oleh Drs H Zayin Khudori MA wakil ketua PDM kota Surabaya, Abah Zayin panggilan akrabnya memulai dengan mengenang masa lalu berjuang di PCM Wiyung yang waktu itu masih Kedurus, sekarang Alhamdulillah di Wiyung ini sudah berkembang pesat, ada TK Aisyiyah 31, SD Muhammadiyah15, SMP Muhammadiyah 17 dan SMA Muhammadiyah 9, panti asuhan dan pesantren KH Mas Mansyur."Tapi jangan terlena di zona aman, seluruh guru dan karyawan harus berideologi Muhammadiyah,"ungkap ustad Zayin.

Hidup manusia harus berdasarkan Tauhid (meng-Esakan) Allah; ber-Tuhan, beribadah serta tunduk dan taat hanya kepada Allah. Hal ini tertuang pada Muqaddimah AD/ART Muhammadiyah,"Amma ba'du, bahwa sesungguhnya ke Tuhanan itu adalah hak Allah semata-mata, ber Tuhan dan beribadah serta tunduk dan taat kepada Allah adalah satu satunya ketentuan yang wajib atas tiap-tiap makhluk, terutama manusia." Tuturnya sambil memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari hidup BerMuhammadiyah.

Oleh karena itulah Tauhid dalam kehidupan kita, termasuk BerMuhammadiyah adalah pada posisi sentral. Tauhid Allah menjadi titik awal dan sekaligus titik akhir dari semua aktivitas seorang muslim seperti dalam Al Qur'an surat Al An' Am ayat 61-64. Tauhid itu terbagi 3 yaitu Tauhid Rububiyah (Allah sebagai Pencipta Alam Semesta), Tauhid Uluhiyah (Allah itu zat yang satu satunya yang wajib disembah) dan Tauhid Sifat (Allah memiliki sifat-sifat mutlak/terbatas)."Maka kita butuh Muhammadiyah, karena itu ibadah dan amaliah kita harus sesuai Muhammadiyah." Tandas ustad Zayin sambil tersenyum menutup kegiatan.

Kegiatan ini juga dihadiri Dikky Syadqomullah MHes dan Dr Mahsun Jayadi Calon Legislatif DPR RI dan DPRD Provinsi Jawa Timur dari PAN . (Ali Shodiqin)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah – Direksi Rumah Sakit Umum (RSU) `Aisyiyah Purworejo, Jawa Tenga....

Suara Muhammadiyah

25 January 2024

Berita

PABELAN, Suara Muhammadiyah – Lembaga Sertifikasi Pustakawan (LSP) menggelar kegiatan Uji Sert....

Suara Muhammadiyah

8 September 2023

Berita

Mendesak DK PBB Hentikan Perang Israel-Palestina JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat (PP) ....

Suara Muhammadiyah

11 October 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) Universitas Muhammadiyah (UM)....

Suara Muhammadiyah

13 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Setelah selesai menyelenggarakan Olimpiade Ahmad Dahlan (Olym....

Suara Muhammadiyah

5 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah