Demi Lahirkan Pendidik Unggul, PAI UMM Terjunkan Mahasiswa ke Sekolah-sekolah di Kota Malang dan Batu

Publish

25 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
447
UMM

UMM

MALANG, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Malang terus berupaya melahirkan sumber daya manusia terbaik, utamanya di bidang pendidikan. Kali ini Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) FAI mengirimkan lebih dari 60 mahasiswanya untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di sekolah se-Kota Malang dan Kota Batu. Hal ini sebagai salah satu cara menciptakan pendidik yang berkualitas.

Kepala Laboratorium PAI I'anatut Thoifah S.Pd.I., M.Pd.I menjelaskan bahwa PKL merupakan kegiatan penting mengingat banyaknya narasi pendidikan unggul yang digaungkan. “Pendidikan unggul itu dapat tercipta apabila para pendidik juga unggul. PAI UMM ini sudah menyiapkan mahasiswanya untuk bisa menjadi seorang pendidik yang unggul juga,” ujarnya.

Tidak hanya sekedar kegiatan PKL, mahasiswa juga dituntut berkolaborasi dengan pihak sekolah untuk menciptakan inovasi. Kolaborasi tersebut bisa berupa kegiatan-kegiatan positif yang tidak lain untuk meningkatkan proses belajar mengajar serta mencetak karakter siswa. Selain itu, seluruh mahasiswa PKL juga telah dibekali dengan keterampilan mengenai perencanaan pembelajaran di kelas, proses evaluasi pembelajaran, serta Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

“Mereka kita kirim ke berbagai SMA sederajat di Kota Malang dan Batu, terdiri dari sekolah negeri, swasta, dan sekolah Muhammadiyah. Sebelum berangkat, mereka diberi berbagai materi penguatan. Utamanya terkait dengan Alquran, Fiqih, Keputrian, serta Kemuhammadiyahan. Tidak lupa juga keterampilan khusus terkait dengan kurikulum merdeka,” tegasnya.

Iana, sapaan akrabnya, juga menegaskan bahwa PKL ini tidak lain untuk memberikan direct experience bagi mahasiswa. Hal itu penting sebagai cara mempraktekan ilmu-ilmu yang telah didapat selama perkuliahan. Selain itu juga sebagai jalan menganalisis secara langsung bagaimana dunia pendidikan yang terjadi di lapangan. Terlebih lagi berhadapan langsung dengan seorang siswa yang merupakan subyek aktif dan memiliki karakter yang berbeda-beda.

Terakhir, dia berharap seluruh mahasiswa khususnya yang fokus di ilmu pendidikan untuk dapat memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan. Kemajuan suatu bangsa tidak lepas dari produk-produk pendidikan yang unggul serta mampu memberikan inovasi-inovasi baru.

Sementara itu, Wakil Dekan I FAI UMM Saiful Amien memberikan motivasi kepada para mahasiswa agar semangat menjalani proses PKL. Menuruntya, melalui PKL mahasiswa bisa melihat secara langsung keadaan pendidikan. Selain itu juga agar bisa memaknai pentingnya ilmu untuk kehidupan di masa depan. 

“Tetaplah gigih menggapai cita-cita dan jangan mudah menyerah. Segala usaha saudara hari ini akan memberikan hasil terbaik di masa depan,” tegasnya. (diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka milad Muhammadiyah yang ke 111 , PDM dan PDA Bantul di duk....

Suara Muhammadiyah

18 November 2023

Berita

BERAU, Suara Muhammadiyah – Dalam waktu dekat, tepatnya menyambut kedatangan bulan suci Ramadh....

Suara Muhammadiyah

2 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Saat ini, Clubfoot atau Kaki Pengkor menjadi kondisi medis yang ban....

Suara Muhammadiyah

10 October 2023

Berita

DEPOK, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah Kota Depok menggelar Pengajian Hari Bermuhammadiyah sekalig....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Kontingen Atlet Tapak Suci Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammad....

Suara Muhammadiyah

18 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah