Di Balik Batu Karang: Kisah Dakwah di Bumi Karang Kupang

Publish

29 July 2024
prm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
190
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

BANTUL, Suara Muhammadiyah- Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Tirtonirmolo Barat Kasihan Bantul terus berusaha menggelorakan dakwah dan ghirah warga di Tirtonirmolo Barat dan sekitarnya. Salah satunya lewat Pengajian Ahad Pagi (PAP) Ranting Tirtonirmolo Barat. PAP kali ini diselenggarakan pada Ahad 28 Juli 2024 menghadirkan Prof. Dr. Zainur Wula, SPd., MSi., Rektor Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK), yang juga pengurus Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Nusa Tenggara Timur.

PAP diselenggarakan di Masjid Thoyyibah Kalipakis-Ambarbinangun. Masjid yang bernilai sejarah karena menurut tokoh setempat Dr Khomsul Latifin masjid tersebut bediri sejak sebelum kemerdekaan RI. Ketua PRM Tirtonirmolo Barat, H Sofriyanto, SM., SPd menyampaikan sampai hari ini Universitas Muhammadiyah Kupang adalah salah satu role model, contoh terbaik dalam konteks dakwah rahmatan lil alamin yang dikembangkan Muhammadiyah di wilayah minoritas muslim.

“Banyak kiprah dan kisah dakwah Muhammadiyah di daerah minoritas muslim yang sukses dan selama ini kita hanya mendengar dari medsos dalam PAP ini jamaah mendengar langsung melalui salah satu sumber dan aktornya yaitu Rektor UMK, Prof Dr. Zainur Wula, M.Si”, demikian ungkap Sofriyanto.

Sofriyanto menambahkan, dengan belajar kiprah dan kisah sukses UMK kita harapkan akan mengobarkan semangat dakwah dan kiprah warga Muhammadiyah di Tirtonirmolo Barat semakin berkobar, “Menyala, menyala," ungkapan anak-anak sekarang.

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kasihan, Agus Mulyono, SE mengapresiasi dan mendukung PAP PRM Tirtonirmolo Barat yang menghadirkan tokoh dari Indonesia Timur tersebut. Menurutnya, tokoh ini mampu menularkan pengalaman dakwah Muhammadiyah di daerah minoritas muslimnya dan minoritas warga Muhammadiyahnya dari jumlah penduduk Kota Kupang atau bahkan seluruh NTT.

Sebagai pembicara utama, Zainur Wula menyampaikan pengalaman dakwah agar sukses dan berhasil diejawantahkan. Yaitu dengan menerapkan pendekatan penuh kearifan lokal sesuai kondisi sosio-kultural masyarakat. Dan juga melalui pengembangan pendidikan dan ekonomi.

"Islam harus ditampilkan dengan wajah ramah dan diwujudkan dalam uswah hasanah serta amaliah nyata yang membawa manfaat bagi umat", demikian ungkap rektor dari perguruan tinggi Muhammadiyah yang 70% mahasiswanya non muslim tersebut. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

LAMPUNG, Suara Muhammadiyah - Bertempat di gedung dakwah Muhammadiyah Provinsi Lampung, Sabtu (4/11)....

Suara Muhammadiyah

5 November 2023

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul kembali sukses menggelar Festival L....

Suara Muhammadiyah

24 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta (Mugadeta) menggel....

Suara Muhammadiyah

15 June 2024

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar acara pelepasan p....

Suara Muhammadiyah

17 January 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Fondasi dari masyarakat utama terletak pada sisi keluarga. Sebab,....

Suara Muhammadiyah

26 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah