Dosen Ilkom UNY Berikan Pelatihan Pelayanan Prima bagi PCM Depok

Publish

19 December 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
186
Foto: red

Foto: red

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Menghadapi perubahan era yang berjalan sangat cepat dan dinamis membutuhkan adaptasi yang juga cepat, diperlukan keahlian khusus untuk menghadapi perubahan tersebut, termasuk dalam sektor pendidikan.

Itulah alasan Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan pelatihan pelayanan prima (service excellent) untuk Pimpinan Cabang Muhammadiyah se-Depok, Sleman DIY. Kegiatan ini berlangsung di SMP Muhammadiyah 3 Depok, Kamis (19/12).

Benni Setiawan, koordinator pelatihan sekaligus dosen Ilkom UNY menggarisbawahi pentingnya sinergi antara perguruan tinggi dan masyarakat. Pelatihan pelayanan prima ini merupakan komitmen departemen untuk terus berkolaborasi dengan masyarakat luas yang juga merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan pimpinan dan pengajar di instansi pendidikan agar mampu bertahan di tengah gempuran perubahan era. Depok dipilih karena UNY sendiri berada di wilayah Depok, tidak perlu jauh-jauh, penting untuk bermitra dengan masyarakat di sekitar UNY,” ujar Benni.

Senada, Ketua PCM Depok Muh Ihsan manyampaikan jika kegiatan ini selaras dengan visi misi serta tujuan PCM Depok. “Kami berkomitmen untuk terus bergerak. Ini menjadi semangat di PCM Depok. Kami selalu mengikuti perubahan, terutama di era digital agar unggul dan mampu bersaing,” terangnya.

Sementara itu, salah satu dosen Departemen Ilkom UNY Nabila Ikrima menyampaikan pelayanan prima harus dipraktikkan di sekolah masing-masing. Hal ini karena persaingan antar sekolah semakin ketat, kompetitor semakin banyak, masyarakat semakin kritis, dan perubahan seringkali tidak terduga. Tanpa adanya pelayanan prima, instansi pendidikan bisa jadi tertinggal.

“Pelayanan prima ini bisa diwujudkan dengan berusaha memberikan yang terbaik kepada peserta didik, memberikan yang terbaik tidak harus menjadi yang terbaik, tetapi kita berusaha semaksimal mungkin dan memberikan pelayanan bermutu tinggi, memuaskan, dan melebihi harapan,” terangnya saat mengisi materi.

Setidaknya terdapat 8 unsur pelayanan prima. Meliputi kesederhanaan, kepastian, keamanan, keterbukaan, efisien, ekonomis, keadilan, dan ketepatan waktu. Sementara itu, dimensi kualitas pelayanan terdiri dari kehandalan, kepercayaan, penampilan, empati, dan juga tanggap. Pelayanan perlu dilakukan dengan prosedur yang jelas serta direspon dengan tepat dan cepat agar dapat menumbuhkan kepercayaan.

Melayani dengan hati juga merupakan aspek yang penting dalam pelayanan prima. “Kita sebagai fasilitator harus punya semangat memberi. Selain itu, yang tidak kalah penting, kita perlu untuk terus belajar meningkatkan kompetensi kita. Jadi perlu ada sinkronisasi antara otak dan hati ketika bekerja,” jelas Nabila.

Di samping itu, instansi pendidikan harus senantiasa menjaga citra dan reputasi dan harus menjaga hubungan dengan publik eksternal maupun internal.

Dari kegiatan ini diketahui beberapa permasalahan yang terjadi di instansi pendidikan, seperti perudungan, komunikasi yang kurang efektif dengan publik eksternal, dan koordinasi yang seringkali tidak berjalan lancar. Persoalan ini bisa diatasi dengan pelayanan prima yang dijalankan oleh instansi pendidikan.

“Pendekatan kultural, sebagai bagian dari pelayanan prima, diperlukan untuk mengatasi persoalan seperti kesalahpahaman yang terjadi antara guru dengan wali murid,” tambah Nabila.

Pelatihan yang diikuti oleh 30 peserta ini ditutup dengan diskusi, tanya-jawab, dan foto bersama. Muh Ihsan berharap pelatihan ini dapat diselenggarakan kembali serta terdapat tindak lanjut dari kemitraan yang sudah terjalin.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Departemen Ilmu Komunikasi UNY yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Semoga ada kegiatan-kegiatan bermanfaat lain yang dilaksanakan bersama,” tutupnya. (Jan)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Prof. Dr. Irwan Akib, M.Pd., Ketua PP Muhammadiyah, menekankan p....

Suara Muhammadiyah

24 November 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pondok Pesantren Muhammadiyah Green School (MGS) Al-Mujahidin Yogya....

Suara Muhammadiyah

25 June 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 100 santri mengikuti prosesi kelulusan ke-19 dengan hik....

Suara Muhammadiyah

28 May 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar kuliah tamu den....

Suara Muhammadiyah

15 November 2024

Berita

BANJARMASIN, Suara Muhammadiyah - Untuk mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan Syariah ....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah