HIMASI Farmasi Uhamka Sukseskan Seminar Nasional Edukatif

Publish

25 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
129
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Himpunan Mahasiswa Farmasi Fakultas Farmasi dan Sains (HIMASI) UHAMKA sukses menggelar Seminar Nasional yang meriah pada Ahad, 28 April 2024, bertempat di Aula FFS UHAMKA, Jakarta Timur. Acara ini menarik perhatian sekitar 100 peserta, yang terdiri dari mahasiswa farmasi berbagai universitas di Jakarta dan siswa SMA dari sekitar kampus.

Beragam materi edukatif seperti Verifikasi Resep dan PIO, Tata Kelola serta Pemilihan Obat yang benar, dan yang paling menarik perhatian adalah sesi Training Skill Cara Pembacaan Resep dan Formulasi Minyak Aromaterapi yang dibawakan oleh apt. Ari Widayanti, M.Farm.

apt. Ari Widayanti menjelaskan berbagai jenis aromaterapi, manfaat, serta efek samping yang mungkin ditimbulkan. Ia juga memperkenalkan beragam bentuk produk aromaterapi, seperti roll on, gosok, dan infuser.

 Lebih lanjut, dijelaskan juga tentang definisi produk Oil Aromatherapy, efek penggunaan yang tidak tepat atau terlalu lama, serta manfaatnya untuk kesejahteraan emosional dan fisik.

Peserta terlihat sangat antusias selama sesi Training Skill ini. Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang interaktif, dan diakhiri dengan sesi praktek pembuatan Minyak Aromaterapi.

 Dalam praktik ini, peserta dibagi dalam beberapa kelompok dan langsung mempraktekkan pembacaan resep, menimbang bahan, dan memformulasikan minyak aromaterapi dengan berbagai aroma.

Apt. Ari Widayanti menyampaikan bahwa membuat aromaterapi di rumah tidaklah sulit.

 "Bahan-bahannya mudah diperoleh di toko bahan baku kimia, dan caranya pun tidak sulit, sehingga teman-teman semua dapat berkreasi membuat aromaterapi sesuai kreativitas masing-masing," ujarnya.

Seminar Nasional HIMASI UHAMKA 2024 diharapkan dapat menjadi wadah penyebaran ilmu pengetahuan di bidang farmasi dan juga sebagai ajang promosi bagi siswa SMA yang ikut berpartisipasi dalam acara ini.

 Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang luas bagi dunia pendidikan dan kesehatan.(Hendra A)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Idul Adha adalah hari raya yang memiliki kedudukan tinggi di s....

Suara Muhammadiyah

18 June 2024

Berita

GOWA, Suara Muhammadiyah – Lembaga Pembinaan Cabang – Ranting dan Pembinaan Masjid (LPCR....

Suara Muhammadiyah

7 December 2023

Berita

TUBABA, Suara Muhammadiyah - M. Febri Aryono, M.Pd.I, Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

4 January 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah berkolaborasi dengan Program INO....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIkes) Muhammadiyah Aceh menyelegga....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah