Ikhtiar Muhammadiyah Membangun Kapuas Berkemajuan

Publish

26 November 2023
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
411
Foto Istimewa

Foto Istimewa

KUALA KAPUAS, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kapuas menyelenggarakan acara Milad ke-111 Muhammadiyah dengan tema Ikhtiar Menyelamatkan Semesta dan dijabarkan dalam sub tema ikhtiar membangun Kabupaten Kapuas yang berkemajuan dan mencerahkan. Bersamaan kegiatan tersebut juga dilaksanakan pengukuhan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kapuas dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) se-Kabupaten Kapuas untuk masa bakti 2022-2027.

Acara berlangsung di Komplek Perguruan Muhammadiyah Kapuas, jalan Barito, Kecamatan selat Hulu , Kabupaten Kapuas, Sabtu (25/11/2023) diawali dengan Doa yang dipimpin oleh Ustadz Amanto Surya langka, Lc dari Palangka Raya.

Hadir dalam.acara tersebut Penjabat bupati Kapuas dan unsur forkopimda Kabjpaten Kapuas, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalteng yang diwakili H.M Zuhri, Daryana dan Syairi Abdullah, PW Aisyiyah Kalteng, Ketua MUI Kabupaten Kapuas, Ketua PC NU, Muslimat NU, Ketua FKUB, ketua KNPI Kalimantan Tengah, anggota DPRD Kabupaten Kapuas dan propinsi Kalimantan Tengah, Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalteng, Seluruh Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah di Kapuas, tokoh masyarakat dan tokoh agama, serta tamu undangan yang telah hadir.

Ketua Panitia Milad M. Jallaludin mengucapkan syukur acara Milad dan pengukuhan dapat berjalan lancar dan banyak tamu yang hadir.
Ia mengatakan ikhtiar yang telah dilakukan oleh KH Ahmad Dahlan sejak berdirinya Muhammadiyah tahun 1912 bertujuan agar bangsa ini semakin maju dan semakin kokoh, meskipun berat dan banyak tantangan dalam perjalanannya, sampai saat ini kita tinggal melanjutkan perjuangan KH Ahmad Dahlan melalui pergerakan-pergerakan di daerah.

Ia mengatakan Tema Milad ke-11 "Ikhtiar Menyelamatkan Semesta" ini adalah bagaimana upaya agar dunia dan bangsa dapat menjadi lebih baik. 

"PDM Kapuas periode ini akan menargetkan minimal 5 Sekolah Muhammadiyah harus berdiri di Kabupaten Kapuas. Saat ini sudah ada 2 sekolah berdiri, sedang dalam proses pengurusan izin pendirian sekolah yaitu di Pulau Petak dan sekolah Madrasah Aliyah di desa Mampai, dan menyusul di desa Manusup dan Tamban Catur, dan daerah lainnya di Kabupaten Kapuas. Muhammadiyah harus bergerak membangun Kabupaten ini" ucap Jalal yang juga sekretaris PDM Kapuas

Ketua PDM Kapuas, H. Kamaruddin AK menceritakan perjalanan Muhammadiyah cukup panjang , yang mana diusianya yang ke-111 sejak 18 November 1912 sampai dengan 18 November 2023. Melalui hal inilah organisasi Muhammadiyah berikhtiar dan berkontribusi turut ambil bagian memajukan dan mencerahkan bangsa, khususnya di wilayah Kabupaten Kapuas

" Selaras dengan tema milad ke-111 Muhammadiyah, PDM Kapuas mencoba menjabarkan menjadi sub tema "Ikhtiar membangun Kabupaten Kapuas yang berkemajuan dan mencerahkan" dengan harapan 5 tahun kedepan, Kabupaten Kapuas harus lebih maju dan mencerahkan" katanya.

Sementara , Erlin Hardi, ST, MT selaku Penjabat (Pj.) Bupati Kabupaten Kapuas sangat mengapresiasi peran Muhammadiyah bagi daerah. Dia mengatakan, organisasi masyarakat terbesar ini sudah terbukti perjuangannya, mulai dari pendidikan, sosial kesehatan dan penegakan tauhid. Organisasi Muhamadiyah di kabupaten ini juga dinilai rapi dan kompak dalam menjalankan tugasnya.

Selanjutnya ia mengucapkan selamat Milad Muhammadiyah yang ke - 111 dan selamat atas pengukuhan Pimpinan Daerah Muhammadiyah beserta seluruh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kapuas masa bakti 2022-2027 .

"Semoga dapat menjalankan tugas-tugas persyarikatan dengan iklhas dan amanah," ucapnya.

Dikatakan Erlin bahwa Peran Muhammadiyah Kapuas ini juga sangat penting bagi pemerintah Kabupaten Kapuas, sudah banyak sekolah-sekolah yang didirikan oleh Muhammadiyah di Kapuas. Melalui ikhtiar di bidang pendidikan, sosial, kesehatan, Sejak awal Muhammadiyah Kapuas juga telah membangun beberapa amal Usaha lembaga pendidikan dan sosial yang sampai saat ini terus bertambah.

"Pemkab Kapuas tetap akan bersinergi dengan Muhammadiyah Kapuas dalam memajukan perkembangan organisasi dan melayani umat, bahkan juga bila memungkinkan kami akan mendorong program-program kerja di Kabupaten dan Propinsi agar dapat disalurkan ke Muhammadiyah Kapuas, karena karakter Muhammadiyah itu tidak meminta, tetapi bila diberi maka diterima dan disyukuri " ujarnya disambut tepuk tangan para hadirin.

Harapan PWM Kalimantan Tengah

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah (PWM Kalteng), Daryana, SE selaku Wakil Ketua PWM Kalteng mengucapkan selamat dan sukses kepada para pimpinan Daerah dan Cabang Muhammadiyah Kapuas yang telah dikukuhkan, Ia mengatakan di Muhammadiyah sebenarnya tidak mengenal tradisi pengukuhan atau pelantikan, Sebab biasanya setelah serah terima jabatan berlangsung, seketika itu langsung bekerja untuk Muhammadiyah, Tetapi kita bersyukur bahwa acara pengukuhan dan memperingati Milad muhammadiyah ini dapat menjadi ajang silaturahmi bagi warga Muhammadiyah dan warga masyarakat lainnya.

Daryana juga berpesan , dengan banyaknya amal usaha Muhammadiyah yang telah terbangun dan akan dibangun, Asset Muhammadiyah dapat dijaga, didata dan didaftarkan dalam Sistem aplikasi Manajemen Asset Muhammadiyah atau biasa disebut SIMAM , karena seluruh asset Muhammadiyah dimanapun tidak ada yang atas nama ketua atau pengurus, tetapi semua adalah atas nama persyarikatan Muhammadiyah.

"Asset Muhammadiyah termasuk Masjid-masjid milik Muhammadiyah ini menjadi perhatian yang serius, untuk dapat dijaga dan diurus dengan benar, dan penunjukan pengurus masjid juga harus berdasarkan Surat Keputusan dari pimpinan Muhammadiyah setingkat baik daerah maupun cabang," harapnya

Dalam acara Milad ini ,juga digelar kegiatan aksi Donor Darah dan stand Bazaar UMKM . Bazaar digelar di halaman Komplek perguruan Muhammadiyah Kapuas, diikuti oleh masyarakat termasuk dari ortom dan Amal usaha yang diisi dengan berbagai aneka produk kuliner, aksesoris, kerajinan, dan produk-produk lainnnya. (Bonni Febri)

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BREBES, Suara Muhammadiyah  – Lembaga Resiliensi Bencana/Muhammadiyah Disaster Management....

Suara Muhammadiyah

17 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyelenggarakan Pengkajian Ramadan 1445 H....

Suara Muhammadiyah

19 March 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Aisyiyah Surakarta (AISKA) mengadakan Sidang Senat....

Suara Muhammadiyah

22 February 2024

Berita

MAGELANG, Suara Muhammadiyah - Sabtu (24/02) pagi, di atas sebuah panggung di Lapangan drh. Sup....

Suara Muhammadiyah

25 February 2024

Berita

BREBES, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah Banjarharjo dan Pimpinan Cabang 'Aisyiyah ....

Suara Muhammadiyah

16 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah