Inklusi dan Kolaborasi, UMMU Dorong Kepemimpinan Global

Publish

28 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
364
Dokumentasi bersama

Dokumentasi bersama

TERNATE, Suara Muhammadiyah -Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) dengan bangga menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK) pada Selasa, (27/8). gelombang pertama, yang diikuti oleh 612 peserta dari berbagai latar belakang. Pelatihan yang berlangsung selama empat hari, dari 27 hingga 30 Agustus 2024, ini digelar secara hybrid untuk mengakomodasi mahasiswa asing asal Palestina yang saat ini berada di Mesir dan Saudi Arabia.

Pelaksanaan P2KK kali ini tidak hanya menarik perhatian karena jumlah pesertanya yang besar, tetapi juga karena pendekatan multibahasa yang digunakan. Pelatihan ini diselenggarakan dalam dua bahasa, Arab dan Indonesia, untuk memastikan inklusivitas dan pemahaman penuh bagi seluruh peserta, terutama mahasiswa asing. Pada sesi pembukaan, lagu kebangsaan Palestina dan Indonesia diputar sebagai simbol solidaritas dan persahabatan antara kedua negara, yang semakin mempererat hubungan antar bangsa di UMMU.

Dengan total pendaftar sebanyak 1010 mahasiswa, P2KK gelombang pertama ini diikuti oleh 604 mahasiswa dari kelas non reguler, ditambah 8 mahasiswa asing asal Palestina yang tergabung dalam komunitas UMMU. Pelatihan ini dirancang untuk membentuk karakter kepemimpinan dan kepribadian mahasiswa, dengan harapan dapat memperkaya soft skills mereka sebagai bekal menghadapi tantangan di masa depan.

Acara ini dibuka dengan laporan dari Ketua Panitia, Dr Tati Sumiati, MKes yang memberikan apresiasi tinggi atas antusiasme dan partisipasi aktif dari seluruh peserta. Sambutan pembukaan kemudian diberikan oleh Rektor UMMU Prof Dr Saiful Deni, MSi, yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Dr Abdul Halil Ibrahim, SAg., MSi., yang secara resmi membuka kegiatan P2KK ini.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan Tifa oleh Wakil Rektor I, Dr Abdul Halil Ibrahim, SAg., MSi Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Dr Makbul A Din, SAg., MSi dan Ketua Steering Committee P2KK UMMU, H Fauji Koda, SAg., MPd  menciptakan suasana yang penuh semangat dan kebersamaan.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua BPH UMMU, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, serta para Kepala Lembaga, Kepala Biro, Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi, dan dosen-dosen UMMU, yang turut memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan P2KK.

P2KK merupakan program wajib bagi mahasiswa baru UMMU yang dirancang untuk mempersiapkan mereka menjadi pemimpin masa depan yang tidak hanya cakap secara akademik, tetapi juga memiliki kepribadian yang kuat dan jiwa kepemimpinan yang tangguh. Dengan pelatihan ini, UMMU
 
berkomitmen untuk terus mencetak generasi penerus yang mampu berkontribusi bagi bangsa dan negara, serta menjalin persahabatan internasional yang erat. (Jia/Fab)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Dosen Pendidikan Sosiologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan....

Suara Muhammadiyah

12 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – SM Tower Malioboro merayakan Milad pertamanya pada Senin (24/....

Suara Muhammadiyah

24 June 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Wujudkan empati dalam menyebarkan kebahagiaan dan perdamaian di m....

Suara Muhammadiyah

2 April 2024

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) melangsungkan upacara kenaikan pan....

Suara Muhammadiyah

22 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bertempat di SMP Muhammadiyah 10 (MUHDASA) Kota Yogyakarta pada tan....

Suara Muhammadiyah

19 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah