Inovasi Dakwah PDM Gunungkidul Launching Pesantren Ramadan Virtual

Publish

26 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
232
PDM Gunungkidul

PDM Gunungkidul

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah - Bertempat di gedung BMT Dana Insani Wonosari, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gunungkidul melaunching program special ramadhan Pesantren Ramadhan Virtual. PRV ini merupakan program unggulan PDM Gunungkidul dalam rangka memberikan layanan edukasi agama islam kepada seluruh masyarakat luas dan merupakan langkah nyata PDM Gunungkidul dalam merespon kemajuan teknologi dimana semua aspek dituntut untuk berdigitalisasi (26/2). 

Agus Taufiqurrahman, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah memberikan apresiasi atas inovasi dakwah PDM Gunungkidul dalam melayani umat. Harapannya PRV ini diikuti 50.000 an lebih peserta mengingat baru saja PDM Gunungkidul sukses mengusung Ir. Ahmad Syauqi Soeratno sebagai calon DPD RI dengan perolehan suara yang cukup fantastis diatas angka 70.000. Dakwah virtual saat ini merupakan keniscayaan dimana semua orang hidupnya sudah tidak bisa dipisahkan dengan android. Program PDM Gunungkidul ternyata sinergi dengan program PP. Muhammadiyah yang saat ini juga sedang mengembangkan dakwah virtual. 

Sadmonodadi Ketua PDM Gunungkidul mengungkapkan  bahwa Pesantren Ramadhan Virtual ini sudah berjalan tiga ramadhan. Setiap tahun program ini mendapat respon yang baik khususnya dari warga Muhammadiyah di Gunungkidul dan sekitarnya. Tahun 1444 H kemarin santri yang mengikuti program ini hampir 3.000 peserta. Pesantren Ramadhan 1445 H kali ini menggunakan aplikasi yang didesain oleh Majelis Pustaka dan Informasi PDM Gunungkidul. 

Agus Suroyo menjelaskan bahwa PRV tahun ini menggunkan aplikasi yang sudah disiapkan dan bisa didownload di play store. Ada beragam menu diantranya e-modul thaharah, ibadah, Al- quran, al-hadits, hikmah ramadhan. Disamping itu ada menu salat tarawih yang harus diisi peserta dengan memberikan keterangan dimenu. Dimenu shadaqah berisi targhib shadaqah dan ajakan bershadaqah tiap hari dengan mentransfer shadaqah ke lazismu Gunungkidul melalui qris. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan uji pemahaman dan refleksi. Diakhir aplikasi ada raport untuk melihat skor ibadah para peserta PRV. 

Hadir dalam acara tersebut Pimpinan Wilayah Muhammadiyah D.I. Yogykarta, Pimpinan Daerah Muhammadiyah se- DIY, Ketua PCM Se- Gunungkidul, Kepala AUM Se- Gunungkidul dan sejumlah tokoh masyarakat. (wismanto/diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

LAMTIM, Suara Muhammadiyah - Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Lamp....

Suara Muhammadiyah

7 January 2024

Berita

Sosialisasi Pencegahan Stunting dan Tuberculosis pada Anak KUDUS, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka....

Suara Muhammadiyah

19 November 2023

Berita

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Ranting Muhammadiyah Pandowan merupakan salah ....

Suara Muhammadiyah

19 December 2023

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Kebutuhan air bersih di beberapa Kapanewon/Kecamatan di Kabupaten Bantu....

Suara Muhammadiyah

1 October 2023

Berita

PEMALANG, Suara Muhammadiyah - Liburan sekolah telah tiba, saatnya para pelajar menikmati liburan pa....

Suara Muhammadiyah

26 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah