Kolaborasi Tiga RS PKU Muhammadiyah Salurkan 54 Hewan Kurban

Publish

18 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
195
penyembelihan hewan kurban di RS PKU Muhammadiyah Gamping

penyembelihan hewan kurban di RS PKU Muhammadiyah Gamping

GAMPING, Suara Muhammadiyah –  Kolaborasi antara RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, RS PKU Muhammadiyah Gamping, dan RS PKU Muhammadiyah Sleman serentak melaksanakan penyembelihan hewan kurban semarak Idul Adha 1445 H. Pada momen Idul Adha ini, setidaknya ada 54 hewan kurban yang disembelih, masing-masing 41 ekor kambing dan 13 ekor lembu.

“Alhamdulillah tahun ini, kita mendapatkan amanah untuk menyembelih hewan kurban yaitu sejumlah 13 lembu dan 41 ekor kambing. Dari lembu dan kambing ini, beberapa kita salurkan ke AUM ataupun PRM yang mereka membutuhkan,” ujar Ketua Panitia Sigit Harun, Skep., Ns., MKep saat ditemui Suara Muhammadiyah pada Selasa (18/6) di halaman RS PKU Muhammadiyah Gamping.

Sigit menuturkan jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun lalu. Di mana jumlah itu datang dari para dokter dan karyawan yang berpartisipasi ikut berkurban. Maka, Ia memberikan apresiasi setinggi-setingginya atas kesedian melaksanakan ibadah kurban.

“Tahun ini jumlah hewan kurban yang dikeluarkan lebih banyak. Kemudian, untuk shohibul berasal dari jajaran dokter dan karyawan RS PKU Muhammadiyah. Dan ada juga beberapa dari luar untuk ikut menyembelih di sini,” katanya.

Sementara, Direktur RS PKU Muhammadiyah Gamping dr H Ahmad Faesol SpRad., MKes., MMR mengaku sangat bangga dan bersyukur dapat kembali menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban pada momen Idul Adha tahun ini. Baginya, momen tersebut dapat mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar pegawai RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Gamping, dan Sleman.

“Acaranya cukup meriah dan membahagiakan. Kita lihat RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Gamping, dan Sleman kelihatan akrab dan rukun untuk mendukung program ini,” tuturnya.

Faesol menerangkan pendistribusian kurban kali ini dilakukan dua bentuk, yaitu dalam bentuk hidup dan mati. Untuk hewan kurban dalam kondisi hidup, disebarkan ke AUM dan Ranting, sementara hewan kurban yang mati, disebarkan pada masyarakat sekitar.

“Jadi hewan yang hidup kita berikan kepada AUM, seperti sekolah, klinik yang memang mampu tapi belum banyak hewan kurbannya. Untuk daging, kita sebarkan kepada komunitas tukang becak. Insya Allah bisa membantu dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” jelasnya.

Anggota Majelis Pembinaan Kesehatan Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini mengungkapkan dalam proses penyembelihan hewan kurban, pihaknya melakukan regenerasi. Artinya tidak hanya sekadar melibatkan yang selama ini dilibatkan, akan tetapi mengajak generasi baru (generasi muda) untuk ikut membantu.

“Dulu panitianya itu-itu saja. Sekarang, kita lakukan regenerasi dengan yang masih muda. Harapannya bisa terjadi proses pergantian kepanitiaan ke depannya,” ucapnya. (Cris/Farrel)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Kepala Sekolah Hj Sri Sayekti, mengungkapkan rasa syukurnya karena ....

Suara Muhammadiyah

16 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Pusat Muhammadiyah menggelar Silaturahmi Halal Bi Halal....

Suara Muhammadiyah

24 April 2024

Berita

GORONTALO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) telah memperkuat lang....

Suara Muhammadiyah

12 September 2023

Berita

TUBABA, Suara Muhammadiyah - Persyarikatan Muhammadiyah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Provi....

Suara Muhammadiyah

18 November 2023

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Bank Syariah BPRS Artha Surya Barokah (ASB) Jawa Tengah turut m....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah