Berdayakan Masyarakat dengan Abon Bandeng

Publish

12 February 2024
UMG

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
150
Mahasiswa KKN UMG berfoto bersama

Mahasiswa KKN UMG berfoto bersama

GRESIK, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) yang dimonitoring oleh dosen pendamping Ervi Suminar menggelar program unggulan berupa pembuatan abon dari bahan utama ikan Bandeng. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Mriyunan, Sidayu, Gresik, Jawa Timur (5/2). 

Kerjasama antara mahasiswa dengan petani bandeng lokal, serta partisipasi aktif warga desa dalam setiap tahap produksi menjadi langkah yang positif dalam menciptakan dampak yang berkelanjutan. Hal ini tidak hanya memperkuat hubungan antar komunitas lokal, tetapi juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya kerja sama dalam memajukan ekonomi warga setempat serta memperhatikan keberlanjutan lingkungan.

Ketua Tim KKN, Wahyu Ichsan Pratama berharap bahwa kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat ekonomi secara langsung, akan tetapi juga membantu membangun jejaring dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk lokal. 

“Program ini mendapatkan dukungan positif dari pemerintah desa dan mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat. Mahasiswa KKN tidak hanya fokus pada kegiatan ekonomi, tetapi juga mengintegrasikan aspek sosial dan keberlanjutan dalam setiap langkah mereka,” ujarnya. 

Selain itu, abon bandeng dengan kualitas tinggi tidak hanya mempromosikan produk lokal, tetapi juga memberikan manfaat jangka panjang dengan memberdayakan warga setempat melalui pelatihan keterampilan. Ini membantu meningkatkan kapasitas ekonomi mereka serta potensi untuk berkembang lebih lanjut dalam industri lokal. Langkah-langkah ini tidak hanya memberikan dampak positif secara ekonomi, tetapi juga sosial dan lingkungan bagi komunitas setempat. (diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Universitas Muhammadiyah Sumatera Uta....

Suara Muhammadiyah

23 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Masjid Husnul Khotimah Peleman, Tamantirto, Bantul, DIY menjadi sak....

Suara Muhammadiyah

28 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – PT Syarikat Cahaya Media (PT SCM) gandeng kerjasama dengan Un....

Suara Muhammadiyah

14 September 2023

Berita

KLATEN, Suara Muhammadiyah – Bertempat di Masjid Baiturrahman Keran Troketon, Rabu 6 September....

Suara Muhammadiyah

8 September 2023

Berita

BERAU, Suara Muhammadiyah - Atas nama Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengucapkan selamat atas diresmika....

Suara Muhammadiyah

7 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah