Konferensi Internasional FT UMS Gencarkan Penerapan SDGs

Publish

7 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
194
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah- Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menggelar Konferensi Internasional yang bertajuk "The 10th International Conference on Enginering, Tecnology & Industrial Aplication - Rekayasa, Aplikasi, dan Perancangan Industri XXII (ICETIA-RAPI)" pada Kamis, 7 Desember 2023 di Swiss-Belinn Saripetojo Hotel, Surakarta.

Dihadirkan 6 Narasumber dalam konferensi itu, yaitu : (1) Asssoc., Prof., Dr., Carol Sze Ki Lin, City University of Hong Kong ; (2) Dr., Ridhi Saluja, Stockholm Environment Institute, Sweden ; (3) Dr., Puspita Ayu Permatasari, UNESCO Maritime Silk Road Textile Heritage and Institut Pariwisata Trisakti ; (4) Prof., Dr., Sami Ben Siama, Applied Faculty on King Abdulaziz University, Jeddah, Saudi Arabia ; (5) Prof., Liyanage C De Silva, Applied Data Analytics on University of Brunei Darussalam ; (6) serta  Assoc. Proff. Dr., Rois Fatoni, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Total peserta yang mengikuti acara tersebut yaitu sebanyak 150 peserta. Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut tidak hanya dari Indonesia tetapi terdapat pula dari Inggris, Jepang, dan Thailand. Kegiatan konferensi ini dilaksanakan secara daring dan luring, untuk daring melalui aplikasi Zoom dan untuk luring diadakan di Ballroom Lt. 5 Swiss-Belinn Saripetojo Hotel, Surakarta.

Menindaklanjuti agenda besar di Fakultas Teknik UMS, Ketua Panitia Acara, Eko Setiawan, Ph.D., mengatakan alasan ICETIA-RAPI pada tahun ini mengangkat tema Synergizing Bengawan Solo Convertation & Enviromentally-Friendly Batik & Textile Industries Towards A Sustainable River Basin.

"Fakultas Teknik UMS sedang gencar-gencarnya menjadikan industri batik ramah lingkungan dan Bengawan Solo sebagai pusat kajian dan pusat unggulan utama dari Fakultas Teknik," jelas Eko.

Berkaitan dengan itu, tambah dia, dihadirkan pembicara yang mempunyai keahlian di dua bidang itu, yakni Bidang Pengelolaan Sungai dan Industri Tekstil. 

"Kami berharap ini menjadi forum untuk saling bertukar hasil penelitian, masukan, dan juga wawasan berkenaan dengan tema yang diseminarkan, sehingga  lebih baik dalam riset dan penulisannya sekaligus sarana untuk menjalin jaringan kerjasama," pungkas Ketua Panitia.

Dekan FT UMS, Rois Fatoni, S.T., M.Sc., Ph.D., menyampaikan paparan materi tentang Bagaimana Konstribusi Perguruan Tinggi Teknik Muhammadiyah dalam Pencapaian 17 Sustainable Development Goals (SDGs) pada saat presentasi.

"Kami di Fakultas Teknik sedang mengupayakan agar isu SDGs semakin dipahami oleh mahasiswa. Bagaimanapun juga sebagai penduduk global terikat dengan PBB, maka arah pembangunan kedepan mengikuti kesepakatan yang telah ditanda tangani oleh PBB," papar Rois.

Rois menyoroti bahwa sesungguhnya isu 17 SDGs sangat kompatibel dengan ajaran Islam. Masalahnya, tidak ada satupun negara dengan mayoritas penduduk islam menunjukan pencapaian SDGs yang outstading.

"Ini merupkan tantangan buat kita," tegas Dekan FT UMS itu.

Rois berharap, perubahan paradigma pendidikan di UMS dengan merumuskan kembali nilai-nilai Isam, akan membantu FT untuk memberikan pondasi teologis dalam pendidikan dan pelatihan, yakni dengan 3 nilai, Ibadah, Istilamah, dan Istimaroh.

Rangkaian acara itu berlangsung selama 2 hari yakni sampai dengan Jum'at, 8 Desember 2023. Agenda di hari kedua yaitu Workshop Pengembangan Batik Ramah Lingkungan yang bertajuk "Workshop on Environmentally-friendly Batik Industries", yang bekerjasama dan diselenggarakan di Kampung Batik Laweyan, Surakarta. (Yusuf)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDARLAMPUNG, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Lampung, Sudarman memi....

Suara Muhammadiyah

1 April 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali melangsungkan program Ram....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan 1445 H, hampir seluruh an....

Suara Muhammadiyah

26 March 2024

Berita

Resmikan Gedung Pendidikan Profesi UMS SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Umum PP Muhammadiyah ,....

Suara Muhammadiyah

2 April 2024

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah, melalui majelis ....

Suara Muhammadiyah

23 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah