Liburan Nyantri Ala Pesantren Muhammadiyah Kudus

Publish

28 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
341
Foto Istimewa

Foto Istimewa

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus menggelar acara liburan nyantri untuk siswa kelas 5 dan 6 SD/MI pada tanggal 25-27 Desember 2023. Acara ini diikuti total 142 peserta putra dan 161 peserta putri dari berbagai SD/MI di Kudus dan sekitarnya. Acara ini diselenggarakan dengan tempat yang terpisah antara peserta putra dan putri.

Dalam acara ini, peserta mendapatkan pengalaman berkesan melalui berbagai kegiatan positif saat nyantri di pesantren. Kegiatan-kegiatan tersebut mencakup pembelajaran agama secara teori dan praktiknya yang bertujuan mengedukasi peserta dalam menjalankan kewajibannya sebagai seorang Muslim dalam sehari hari. Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus berkomitmen memberikan pengalaman yang bermanfaat dan menyenangkan bagi siswa SD/MI. Melalui konsep nyantri, peserta diajak untuk mendalami nilai-nilai agama sambil tetap menjalani liburan dengan penuh keceriaan.

Agung Supriyadi, selaku ketua panitia acara menyampaikan untuk kegiatan liburan nyantri tahun ini terdapat peningkatan jumlah peserta dari tahun sebelumnya yang berjumlah 196 peserta putra dan putri dan sementara tahun ini meningkat mencapai 304 peserta yang berasal dari Kudus, Jepara, Demak, Pati, Rembang dan Grobogan. 

Harapnya dengan terlaksananya kegiatan ini bisa memberikan wawasan dan pengalaman bagi para peserta didik kelas 5 ataupun 6 tingkat SD dan MI tentang kehidupan di pesantren dan sebagai sarana mendekatkan mereka dengan ilmu-ilmu agama. Selain itu, kegiatan ini juga bisa menjadi sebuah sarana bagi peserta didik untuk mengisi waktu liburannya dengan hal-hal yang bermanfaat.

Semoga dengan adanya acara liburan nyantri dapat menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan lainnya. Diharapkan, lembaga-lembaga tersebut bisa memberikan pengalaman yang berkesan dan mendidik bagi para peserta didik, menciptakan tradisi positif, dan membentuk generasi penerus yang unggul dan berakhlak mulia. Dengan demikian, diharapkan peserta dapat membawa serta nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka, membentuk karakter yang kuat, dan membawa dampak positif dalam lingkungan masing-masing.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 1347 siswa SMP Muhammadiyah Kabupaten Sleman menjalani W....

Suara Muhammadiyah

6 January 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebanyak lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) berhasi....

Suara Muhammadiyah

26 June 2024

Berita

YOGAYAKARTA, Suara Muhammadiyah – PRM Prenggan Kotagede telah melakukan Musyawarah Ranting (Mu....

Suara Muhammadiyah

19 October 2023

Berita

BATANG, Suara Muhammadiyah - Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) Muhammadiyah Disaster Management Cente....

Suara Muhammadiyah

29 May 2024

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Setiap lulusan perguruan tinggi pasti berbahagia jika setelah l....

Suara Muhammadiyah

28 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah