LPO PP Muhammadiyah Adakan Workshop Penanganan Cedera

Publish

20 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
200
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Berbagai aktivitas yang dilakukan manusia, terutama yang berkaitan dengan fisik khususnya olahraga akan selalu dihadapkan pada kemungkinan mengalami cedera dan pada akhirnya berakibat terbatasnya aktivitas fisik, psikis dan prestasi. Cedera ini bisa terjadi di saat latihan, maupun dalam pertandingan. Resiko dari cedera olahraga adalah efek nyata untuk seorang atlet. Akibat cedera, atlet harus istirahat dan memulihkan keadaan tubuh yangmana bisa memakan waktu yang panjang. 

Cedera olahraga jika tidak ditangani dengan cepat dan benar bisa menyebabkan terjadinya gangguan atau keterbatasan fisik dari atlet. Yang lebih menyedihkan adalah, cedera dapat berarti istirahat yang cukup lama. Lebih dari istirahat lama, atlet mungkin harus meninggalkan sama sekali hobi dan profesinya, akibat cedera yang dialaminya.

Melihat kondisi ini, Lembaga Pengembangan Olahraga (LPO) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, mengadakan Workshop dan Pelatihan Penanganan Cedera Olahraga. Workshop dan Pelatihan Penanganan Cedera Olahraga digelar pada Jumat dan Sabtu (20-21/10) di Universitas Ahmad Dahlan. Lebih dari tiga puluh peserta mengikuti workshop dan pelatihan ini. Bertindak sebagai pembicara dan pelatih adalah dr. Moch. Junaidy Heriyanto Sp.B FiNACS, Arif Indriyanto, S. Or dan Danang Dwi M.Or.

Ketua  Lembaga Pengembangan Olahraga Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. Gatot Sugiharto, secara langsung membuka Workshop dan Pelatihan Penanganan Cedera Olahraga pada Jumat (20/10).

“Lembaga Pengembangan Olahraga Pimpinan Pusat Muhammadiyah melakukan program Workshop dan Pelatihan Penanganan Cedera Olahraga ini sebagai bentuk penerapan sport sciences di ranah olahraga. Ini merupakan komitmen Muhammadiyah dalam mengembangkan olahraga berkemajuan,” ujarnya. Gatot menambahkan bahwa pengetahuan tentang cedera olahraga, dapat menjadi antisipasi bagi atlit, pelatih serta tim ofisial, dalam melakukan aktivitas. “Dengan kompetensi yang didapatkan, peserta dapat memberikan pertolongan pada cedera dengan cepat dan tepat, serta dapat melakukan pencegahan terjadinya cedera yang lebih fatal pada atlet,” tambahnya.

Para peserta yang berasal dari berbagai kota antusias mengikuti Workshop dan Pelatihan Penanganan Cedera Olahraga. Melalui Workshop dan Pelatihan Penanganan Cedera Olahraga diharapkan mampu meningkatkan kompetensi para peserta dalam penanganan cedera olahraga. (fj)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah  – Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas....

Suara Muhammadiyah

19 April 2024

Berita

TANGSEL, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Pondok Jagung Timur mengadakan ....

Suara Muhammadiyah

2 February 2024

Berita

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Yogyakarta b....

Suara Muhammadiyah

7 December 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Ribuan mahasiswa dan pengguna jalan padati halaman kampus Universitas....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) Universitas Muham....

Suara Muhammadiyah

29 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah