Lulusan SMK Muhiyo Harus Menjadi Pewarna bagi Kehidupan

Publish

15 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
186
Wisuda SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2023/2024. Foto: Cris

Wisuda SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2023/2024. Foto: Cris

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 159 siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Muhiyo) di wisuda setelah dinyatakan lulus 100 persen. Prosesi wisuda tahun pelajaran 2023/2024 ini dilaksanakan pada Rabu (15/5) di Balai Pamungkas Kota Yogyakarta.

Hadir Ketua Majelis Dikdasmen-PNF PWM DIY H Achmad Muhammad, SAg., MAg, Bendahara PDM Kota Yogyakarta Ananta Heri Pramono, SE., MM, perwakilan Dikmen Kota Yogyakarta Titien Nur Rachmawati, SPt, Komite Sekolah Sumardi Warsito, Kepala Sekolah Widi Astuti, SPd, MPd beserta jajaran guru, karyawan, serta orang tua wali murid wisudawan.

Widi menyampaikan selamat kepada siswa yang telah tunai menjalani proses pembelajaran selama tempo 3 tahun. Widi optimis lulusan SMK Muhiyo yang telah digembleng begitu rupa laksana di kawah candradimuka siap mewarnai kehidupan baik di dunia usaha dan industri.

“Alhamdulillah pada hari ini SMK Muhiyo telah meluluskan 159 siswa kelas 12 untuk siap terjun di dunia usaha, industri, melanjutkan perguruan tinggi, dan siap menjadi wirausahawan muda. Kita berharap anak-anak setelah menyelesaikan pembelajaran di sekolah ini bisa menjadi kader Muhammadiyah dan bangsa memajukan kehidupan,” ujarnya.

Widi berpesan agar lulusan SMK Muhiyo ke depan makin sukses. Baginya, kesuksesan ini bermanifes dengan terpancarnya perangai adiluhung dari dalam diri siswa, sehingga mampu memberikan kemaslahatan bagi kehidupan.

“Kami juga berpesan, semoga anak-anakku semua sukses di masa mendatang, menjadi orang-orang yang memiliki akhlakul karimah, ibadah yang baik, dan tentu saja harus berbakti kepada orang tua,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Widi mengingatkan dunia industri sangat kompleks. Maka, Ia mewanti-wanti untuk terus meningkatkan keahlian dan profesionalitas. Baginya, ini tidak hanya ditingkatkan di sekolah, tapi harus berkelanjutan ke depannya.

“Dunia kerja itu sangat luar biasa persaingannya. Anak-anak harus menambah ilmu, wawasan, dan skil tidak cukup hanya di sekolah, tetapi harus mengembangkan diri sendiri untuk bersaing di era globalisasi ini,” katanya.

Widi mengungkapkan sudah ada siswa sebelum pengumuman kelulusan sudah bekerja. Tetapi, di saat yang sama, Ia melihat tantangan dunia kerja sangat pelik. Ia mendorong agar seluruh wisudawan dapat meningkatkan skil, keterampilan, dan keahlian di bidang masing-masing.

“Sebelum pengumuman kelulusan sudah bekerja, meski tidak banyak. Kita bersyukur, tapi jangan lupa tantangan ke depan jauh lebih berat di dunia industri. Saya meminta agar setelah kelulusan ini terus tingkatkan skil, keterampilan, dan miliki budaya kerja yang baik,” sebutnya.

Di sisi lain, Achmad berharap agar lulusan SMK Muhiyo bisa menjaga nilai-nilai religiusitas beragama. Baginya ini sangat penting dan menjadi fundamental dalam kehidupan sehari-hari. “Tetap jaga agama kalian karena itulah yang akan menjadi penentu kemuliaan kalian sebagai manusia, tidak hanya di dunia, tapi kelak ketika menghadap Allah SwT,” ucapnya.

Sementara, Heri mendorong agar lulusan SMK Muhiyo meningkatkan ketakwaan kepada Allah. Karena takwa menjadi pijakan utama mengantarkan kesuksesan kini dan di masa depan. “ Teruslah anak-anakku tingkatkan nilai takwa. Jangan sampai tidak bertakwa, merugi. Karena takwa, kunci kalian sukses dunia dan akhirat,” timpalnya.

Beberapa wisudawan terbaik antara lain Amelia dari jurusan RPL, Siti Nur Haliza jurusan TKJ, Alfian Egy jurusan Animsi, Shevarina jurusan DKV, Cindy jurusan Akuntasi, dan Luphiana jurusan Broadcasting. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MADIUN, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) membuka kesempatan bagi generas....

Suara Muhammadiyah

23 May 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah –  Dakwah Muhammadiyah itu persuasif dan solutif dengan mengamb....

Suara Muhammadiyah

27 September 2023

Berita

SERUYAN, Suara Muhammadiyah - Hari Jum'at adalah hari yang mulia, penuh keberkahan bagi setiap ....

Suara Muhammadiyah

14 October 2023

Berita

PEKAJANGAN, Suara Muhammadiyah – Hidup itu misteri. Tiada yang tahu masa depan seseorang akan ....

Suara Muhammadiyah

19 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam dunia kesehatan, mental menjadi kunci utama dan fundamental y....

Suara Muhammadiyah

20 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah