Membanggakan, 11 Film Dokumenter Karya Mahasiswa UMY Raih Apresiasi Publik

Publish

17 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
171
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebelas film dokumenter karya mahasiswa Ilmu Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) konsentrasi broadcasting angkatan 2021 diputar untuk publik dalam Parade Dokumenter (Paradok) pada Senin (15/07/2024). Ini merupakan festival tahunan yang bertempat di IFI-LIP Yogyakarta. Yang membanggakan, lebih dari 150 penonton memenuhi IFI LIP Yogyakarta dari awal sampai selesai, memberi apresiasi pada film dokumenter yang ditayangkan.

Paradok merupakan wadah yang digunakan untuk mengapresiasi dan menampilkan karya-karya sinematik di ranah dokumenter kepada publik. Event ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY dalam menghadirkan hasil karya tugas akhir mereka kepada publik. 
 
Event Paradok 2024 mengangkat tema yang bertajuk Communication Screening Existence yang disingkat Conscience ini dimaknai sebagai karya dokumenter sebagai media untuk menemukan kemanusiaan melalui hati nurani. Tema tersebut mengajak untuk menemukan dan memahami esensi kemanusiaan melalui kesadaran dan moralitas yang diwujudkan dalam karya-karya film. Ini mencerminkan upaya untuk menggali lebih dalam tentang nilai-nilai universal seperti empati, keadilan, dan keberanian yang ditampilkan melalui narasi-narasi yang menginspirasi dan menggerakkan hati
 
Event Paradok ini dibuka dengan sambutan dari Wildan Nasrulloh selaku ketua panitia dan dilanjutkan oleh sambutan dari Budi Dwi Arifianto, selaku dosen pengampu mata kuliah Produksi Film Dokumenter. Kemudian juga sambutan dari Dhimas Aryo Vipha Ananda selaku dosen Ilmu Komunikasi UMY dan Koordinator Konsentrasi Broadcasting UMY. Event ini dihadiri langsung oleh Fajar Junaedi, (Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UMY), Erwan Sudiwijaya (Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi UMY), Zein Mufarrih (Koordinator Laboratorium Ilmu Komunikasi UMY), Muhammad Muttaqien (perwakilan Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni UMY), perwakilan berbagai organisasi mahasiswa, dan masyarakat umum. 
 
 “Program Paradok adalah bukti Outcomes Based Education atau OBE di Ilmu Komunikasi UMY Dimana mahasiswa menghasilkan karya dari proses kuliah,” ujar Budi. Budi menyampaikan bahwa tentu masih banyak hal yang harus dipahami dalam pembuatan dokumenter, ia berharap agar para mahasiswanya mengejar ilmu-ilmu tersebut jika dokumenter adalah passion mereka.
 
Event ini terbagi dalam tiga sesi yakni, pagi, siang dan sore yang menampilkan sebelas film dokumenter dari sebelas kelompok produksi. Adapun judul tiap film tersebut yaitu, Matic Ndugal, Mainanku, Suran, Warisan Rasa, Garuda, The Black Soldier Fly, Prema, Intuisi, Difa Bike: Roda yang Mengubah Kehidupan, Mbah Lanang, dan Rindu dan Pedih. Sebagai pergantian tiap sesinya, terdapat juga pemutaran produksi video klip dari ketiga kelompok yang dimana karya ini juga menjadi tugas akhir dari mata kuliah Video Klip.
 
Dengan berakhirnya Event Paradok 2024 yang ditutup dengan foto bersama, maka seluruh rangkaian dari event ini telah selesai. Perwakilan mahasiswa menyatakan bahwa mereka senang kuliah di Ilmu Komunikasi UMY, karena kampus mendukung penuh dan memaksimalkan potensi serta selalu mengapresiasi karya-karya luar biasa yang telah dibuat oleh para mahasiswanya. [nis]


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah-  Konsolidasi Aisyiyah Sumatera Utara Zona-III berlangsung di Kota Si....

Suara Muhammadiyah

15 January 2024

Berita

CIANJUR, Suara Muhammadiyah - Pengurus Cabang Muhammadiyah Sukaluyu berhasil menyelenggarakan Musyaw....

Suara Muhammadiyah

7 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Tarawih Ramadan perdana di Masjid KH Ahmad Dahlan Universitas ....

Suara Muhammadiyah

11 March 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2024, Pimpinan Ranting &ls....

Suara Muhammadiyah

24 July 2024

Berita

PAMEKASAN, Suara Muhammadiyah - SD Muhammadiyah 1 Waru melaksanakan pembukaan MPLS (Masa Pengenalan ....

Suara Muhammadiyah

16 July 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah