Mengaktualisasi Keislaman dan Kemuhammadiyahan dalam Kehidupan

Suara Muhammadiyah

Penulis

1
138
Dok :  Haedar Nashir

Dok : Haedar Nashir

MALANG, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan Pengajian bagi dosen dan karyawan pada Rabu (3/7). Hadir sebagai narasumber Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Haedar Nashir, MSi. 

Dalam kesempatan tersebut, Haedar Nashir menyebut relevansinya untuk terus meningkatkan cakrawala pemahaman keislaman dan kemuhammadiyahan di lingkungan kampus dan Persyarikatan Muhammadiyah. Baginya, ini sangat diperlukan dan dibutuhkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

"Dua kalimat yang kelihatannya sederhana tetapi penting yang selalu menjadi bingkai dalam hidup kita, khususnya di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang dan Muhammadiyah,” ujarnya.

Haedar Nashir menekankan bahwa melalui keilmuan, harus terus memperdalam dan memperluas wawasan. Ini tidak bisa dinafikan karena menjadi fondasi utama dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks dan dinamis. Keilmuan adalah kunci untuk memahami perubahan sosial yang masif dan mempersiapkan diri untuk beradaptasi dengan cepat. 

“Praktik berislam memerlukan penghayatan keilmuan, terutama di tengah kehidupan sehari-hari yang semakin kompleks dan perubahan sosial yang semakin masif,” sebutnya.

Guru Besar Sosiologi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini mengingatkan praktik berislam perlu melakukan pengaktualisasian. Lebih-lebih dalam hal kemuhammadiyahan, menjadi sangat penting dan utama. 

“Dengan semangat kemuhammadiyahan yang tinggi itu menyatu dalam akhlak Islam. Sehingga akhlak Islam itu kemudian menjadi kerangka nilai dan norma untuk acuan tindakan dalam bermuhammadiyah,” tegasnya.

Pengajian ini menjadi ajang penting untuk menyegarkan semangat keberislaman dan kemuhammadiyahan bagi seluruh civitas akademika UMM. Melalui pengajian ini, diharapkan para dosen dan karyawan semakin terinspirasi untuk mengaplikasikan nilai-nilai Islam dan Muhammadiyah dalam setiap aspek kehidupan mereka. (Lika/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BLORA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka meningkatkan semangat anak-anak semangat beribadah sholat, ....

Suara Muhammadiyah

7 April 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Dalam menyambut Hari Raya Idulfitri 1445 H yang akan jatuh pada R....

Suara Muhammadiyah

8 April 2024

Berita

TULUNGAGUNG, Suara Muhammadiyah – Kejuaraan pencak silat antar pelajar “Bupati Cup Tulun....

Suara Muhammadiyah

9 September 2023

Berita

Kemenkes Ri dengan MPKU, DikdasmenPNF, dan LPPPM Lakukan Orientasi Kader di Bogor BOGOR, Suara Muha....

Suara Muhammadiyah

9 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Betapa cepatnya waktu berlalu, tak terasa usia Muhammadiyah m....

Suara Muhammadiyah

25 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah