Pandangan Muhammadiyah Ihwal Pemilu 2024

Publish

27 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
292
Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Abdul Mu'ti, MEd.

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Abdul Mu'ti, MEd.

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof Dr H Abdul Mu’ti, MEd dalam Pengajian Bulanan PP Muhammadiyah dengan tema “Muhammadiyah dan Pemilu 2024,” Jumat (26/1) memandang bahwa pengusungan tema tersebut sangat penting sebagai bahan pengkajian dan cara pandang Muhammadiyah menyikapi Pemilu 2024.

Tema ini menjadi bagian dari salah satu keputusan Muktamar ke-48 Muhammadiyah tahun 2022 di Surakarta, Jawa Tengah. Yakni tentang isu kebangsaan, keumatan, dan kemanusiaan universal. Keputusan ini menjadi fokus penting bagi Muhammadiyah.

“Salah satu yang memang menjadi keputusan bagaimana Muhammadiyah mendorong demokrasi dan demokratisasi di Indonesia. Termasuk di dalamnya adalah penyelenggaraan Pemilu 2024 dan suksesi kepemimpinan nasional 2024,” ujarnya.

Dalam dinamika yang terjadi, demokrasi yang berjalan di Indonesia telah berlangsung selama seperempat abad sejak era reformasi 1998 berjalan secara dinamis bahkan menunjukkan tanda-tanda demokrasi tidak mengalami peningkatan. Mu’ti menyebut, berbagai kajian dari lembaga internasional tentang kehidupan demokrasi di Indonesia, terdapat perkembangan yang mengkhawatirkan.

“Indonesia yang pada awal reformasi mendapat apresiasi sebagai negara paling demokratis dan proses transisi demokrasi yang sangat damai-tidak terjadi insiden kekerasan dan sebagainya—dalam perkembangannya justru terjadi declining demokrasi, bahkan mungkin defisit demokrasi,” tuturnya.

Mu’ti menyebut persoalan itu tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi juga terjadi di belahan dunia. Persoalan yang berkaitan dengan demokrasi sebagai persoalan serius di tingkat global. Karena itu, Muhammadiyah mendorong agar demokrasi berjalan semakin baik, substantif, bahkan membangun budaya demokrasi.

Muhammadiyah memandang proses suksesi kepemimpinan (Pemilu 2024) jangan hanya proses pergantian kekuasaan dan kepemimpinan. Namun, harus bisa menjadi kontestasi demokrasi bermartabat.

“Ini tentu demokrasi yang meniscayakan adanya etik dan etika, selain memang konstitusi dan peraturan yang melekat dengannya. Persoalan etik dan etika berdemokrasi itu meniscayakan bagaimana proses-proses itu senantiasa mengedepankan moralitas, senantiasa mengedepankan keluhuran budi, dan tentu menggambarkan betapa bangsa Indonesia ini adalah bangsa yang berkeadaban tinggi,” katanya.

Dalam memilih pemimpin dari sisi kualitas, Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini menyarankan untuk menggunakan metode yang ada dalam Ilmu Hadis yaitu al jahr wa ta’dil. Sementara untuk melihat dari sisi program-program yang ditawarkan dengan menggunakan metode Tarjih Muhammadiyah, yaitu saling membandingkan antara satu dengan lain. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Sebagai langkah konkret dalam memperluas jejaring kerjasama in....

Suara Muhammadiyah

24 February 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Launching Universitas Muhammadiyah Barru (UMB) menjadi UNMUH BARRU. A....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Berita

Luncurkan Program Unggulan dan Resmikan SD 'Aisyiyah Unggulan PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - Pimpi....

Suara Muhammadiyah

4 March 2024

Berita

MADIUN, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 74 pelamar mengikuti tes tertulis rekrutmen pegawai Universita....

Suara Muhammadiyah

20 January 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyelenggarakan kegiatan P....

Suara Muhammadiyah

12 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah