Pengukuhan PRA Kadipaten Wetan dan Ngasem Kuatkan Sinergi Dakwah

Publish

29 February 2024
prm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
150
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah (PRA) Kadipaten Wetan dan Ngasem, adalah salah satu ranting ‘Aisyiyah dari sebelas ranting yang ada di wilayah Kemantren (Kecamatan) Kraton Kota Yogyakarta. Setelah Pimpinan Harian beserta Ketua Majelis dikukuhkan oleh Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Kraton pada Sabtu 20/1/2024, maka pada  Jum’at 23/2/2024 PRA Kadipaten Wetan dan Ngasem mengukuhkan kelengkapan Badan Pembantu Pimpinan (BPP) beserta semua  anggota Majelis-majelisnya. Dilaksanakan di Masjid Beteng Binangun jalan Kadipaten Lor no. 2 Yogyakarta,  sebagai basis kegiatan ranting baik Muhammadiyah maupun ‘Aisyiyah.

Pengukuhan dihadiri oleh Ketua PCA Kraton, Ketua PRA Kadipaten Wetan dan Ngasem bersama seluruh jajarannya, Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Kadipaten Wetan dan dan Ketua PRM Ngasem, serta jamaah Pengajian ‘Aisyiyah Ranting Kadipaten Wetan dan Ngasem yang terdiri dari para Ibu dan remaja putri yang beberapa diantaranya juga ditemani anak atau cucu tercintanyanya.

Ketua PRA Kadipaten Wetan dan Ngasem, Dra. Hj. Enggarwati dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada para jemaah dan juga para pimpinan yang akan dikukuhkan, terutama yang muda-muda yang bersedia bergabung bersama. “Pengukuhan ini sangat penting dilakukan, untuk memperkuat tanggung jawab para pimpinan dan anggota agar terpatri sampai dalam  hati.”

Haris Diesmawan, ST Ketua PRM Kadipaten Wetan, menyampaikan apresiasi dan selamat kepada semua Pimpinan dan anggota PRA yang baru saja dikukuhkan dengan semangat yang luar biasa. “Semangat ini melecut semangat, para Bapak Ranting Muhammadiyah untuk terus mengembangkan kegiatan-kegiatan dakwah pemberdayaan.” Lebih lanjut Haris mengemukakan usulan agar ke depan, sebagaimana Ranting ‘Aisyiyah, PRM Kadipaten Wetan dan PRM Ngasem dapat bersinergi bahkan mungkin jadi satu sebagaimana PRA. Karena memiliki tempat-tempat yang sangat potensial untuk dikembangkan bersama seperti Jalan Ngasem dan Jalan Rotowijayan yang bisa menjadi pusat dunia usaha dan pariwisata.

Sementara Ketua PRM Ngasem, Drs Saifuddin Hadi, M. Pd. Memberi supports yang sangat positif untuk memperkuat sinergi antara Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah terutama di level ranting. “Saat Ber-Muhammadiyah termasuk ber-‘Aisyiyah harus dengan hati, sehingga mampu melaksanakan amanah dakwah amar makruf Nahi mungkar dengan sebenar-benarnya.” Tambahnya. 

Saat diminta memberi sambutan, Ketua PCA Kraton Laila Desi Ikawati, S. Ag. Mengajak yang hadir untuk senantiasa bersyukur, termasuk bersyukur diberi kesempatan Allah aktif ber-‘Aisyiyah baik sebagai anggota maupun pimpinan. Karena hakekat ber’Aisyiyah adalah berjuang bersama untuk mengumpulkan bekal di akhirat.” Ujarnya. Lebih lanjut Ika mengapresiasi menguatkan keterlibatan ‘Aisyiyah tidak hanya bersinergi dalam kegiatan tetapi juga dalam struktur pimpinan, terutama pada peran-peran yang selama ini banyak ditekuni oleh para penggiat ‘Aisyiyah. 

Kegiatan dilanjutkan dengan Pengajian Songsong Ramadhan yang disampaikan Drs. HM Arief Prajoko, mengajak untuk menyambut Ramadhan sepenuh hati siap jiwa dan raga bersama seluruh keluarga dan warga masyarakat sekitarnya. “Karena sebagaimana dikemukakan Rasulullah Saw Ramadhan Bulan berkah, yang di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan.” Ujarnya mengingatkan.

Di penghujung acara juga diserahkan bingkisan Ramadhan untuk seluruh jamaah Pengajian Jum’at Kliwon, yang merupakan salah satu bentuk pengajian rutin yang dilaksanakan oleh PRA Kadipaten Wetan dan Ngasem yang sudah berjalan sejak tahun 1982. (Saffana Intani)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KAIRO, Suara Muhammadiyah - Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) M....

Suara Muhammadiyah

6 October 2023

Berita

REMBANG, Suara Muhammadiyah - “Organisasi bukan soal sedikit banyaknya anggota, namun tentang ....

Suara Muhammadiyah

18 December 2023

Berita

PERLIS, Suara Muhammadiyah - Internasionalisasi Muhammadiyah bertujuan untuk memberi dampak secara l....

Suara Muhammadiyah

30 January 2024

Berita

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kotagede melalui Kantor Layanan....

Suara Muhammadiyah

2 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Kabar membanggakan datang dari Program Studi D3 Sanitasi Politeknik M....

Suara Muhammadiyah

11 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah