Pentingnya Pendidikan Akhlak dan Moral kepada Anak Generasi Alpha

Publish

22 January 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
257
Foto Istimewa

Foto Istimewa

NGAWI, Suara Muhammadiyah - SMA Muhammadiyah 1 Ngawi, salah satu sekolah favorit yang berada di tengah kota Ngawi, Jawa Timur. Fasilitas asrama diberikan kepada para siswa untuk memudahkan mereka menuntut ilmu di sekolah. Siswa tidak lagi terbebani dengan perjalanan panjang yang harus mereka tempuh dari rumah setiap hari. Waktu mereka lebih efisien, ditambah dengan kegiatan asrama yang mendukung mereka untuk lebih berprestasi daripada siswa pada umumnya.

Tidak hanya itu, selain fasilitas asrama sekolah juga memberikan fasilitas pendidikan diniah (agama), akhlak, dan moral. Pentingnya pendidikan diniah untuk generasi alpha sangat diperlukan sebagai benteng keimanan. Begitu juga dengan pendidikan akhlak dan moral, mengajarkan dan melatih siswa untuk berperilaku baik, sopan serta jujur. Harapannya, siswa tidak hanya tumbuh dengan kemampuan akademik saja, mereka juga tumbuh dengan benteng keimanan yang kokoh, menjadi pribadi agamis serta mempunyai budi pekerti yang baik.

Generasi alpha haus dengan keimanan. Sebab keimanan tidak dibentuk secara instan, ia perlu dibangun, dipaksa, dibiasakan sehingga tertanam kuat dalam hati. Butuh berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun untuk membangun keimanan yang kokoh. Dengan adanya program asrama, akan membantu membangun keimamanan itu. Siswa dilatih untuk terbiasa menjadi pribadi yang baik, disiplin, dan istiqomah. Serta program-program lain untuk membangun pendidikan akhlak dan moral mereka.

Nyatanya, generasi alpha tidak hanya haus keimanan, mereka juga haus pendidikan moral dan akhlak.  Moral dan akhlak yang terus memudar seiring berkembangnya zaman. Perlu penguatan dan penggalakan terutama kepada siswa sekolah. Namun, pendidikan moral dan akhlak tidak hanya cukup dengan materi di kelas, atau pelatihan penguatan moral dan akhlak sekali tempo saja. 

Dalam mendidik moral dan akhlak, perlu adanya teladan yang baik, memberikan contoh kepada siswa bagaimana menjadi pribadi yang berakhlak dan bermoral. Sehingga siswa dapat melihat dan meniru akhlak dan moral seperti apa yang harus mereka tanamkan. Sebab, generasi alpha memiliki kecenderungan meniru sikap dan perilaku orang di sekitar mereka daripada mendengarkan. 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Tim Handball atau bola tangan putra Sekolah Keberbakatan Muham....

Suara Muhammadiyah

8 January 2024

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Syah Kuala Banda Aceh Usta....

Suara Muhammadiyah

22 July 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIK UMJ) m....

Suara Muhammadiyah

27 January 2024

Berita

SIDOARJO, Suara Muhammadiyah - Sidoarjo, bertempat di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Majeli....

Suara Muhammadiyah

10 November 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Fakultas Farmasi Unive....

Suara Muhammadiyah

18 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah