Perkuat Ideologi, Muhammadiyah Kota Medan Gelar Dialog Ideopolitor

Publish

22 January 2024
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
168
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan menggelar kegiatan dialog ideopolitor. Kegiatan yang berlangsung di Komplek BPMP, Asam Kumbang itu dihadiri lebih 100 peserta yang berasal dari unsur pimpinan daerah, unsur majelis dan lembaga, unsur organisasi otonom dan unsur pimpinan cabang Muhamamdiyah dan pimpinan amal usaha se-kota Medan.’

Dialog Ideopolitor (Ideologi, Politik dan Organisasi) itu menjadi rangkaian kegiatan yang sama mulai dari pusat, wilayah dan kini berlangsung di berbagai daerah di Sumatera Utara.

Hadir pada kegiatan Ideopolitor itu, Ketua MPKSDI PP Muhammadiyah Bachtiar Dwi Kurniawan S.Phil.I. MPA, Ketua LPCR PP Muhammadiyah H. Muhammad Jamaluddin Ahmad Spsi, Ketua PDM Medan Maulana Siregar MA, menyampaikan apresiasi kepada semua kader yang diundang untuk kegiatan ideopolitor ini yang telah memberikan perharian serius. Dialog Ideopolitor, Jelas Maulana Siregar, adalah usaha untuk memperkuat pemahaman ideologi Muhammadiyah, mulai dari Pimpinan Daerah, Pimpinan Majelis dan Lembaha, Pimpinan Cabang sampai Pimpinan Amal Usaha.

Kata Maulana Siregar, diharapkan materi kegiatan ideopolitor ini dapat dikembangkan pada kegiatan-kegiatan pengkaderan. Materi ideopolitor ini sangat bagus untuk menjadi landasan bekerja para pimpinan Majelis dan Lembaga dan Amal Usaha untuk bekerja.

Ideopolitor juga menjadi bagian dari upaya untuk membekali pimpinan persyarikatan dilingkungan Kota Medan untuk dapat membentengi dari serangan paham-paham lain di luar MUhammadiyah.

Kegiatan ideopolitor yang diselenggarakan PDM Medan itu, menyajikan materi-materi seperti :  Ideologi dan Organisasi Muhammadiyah, disampaikan oleh Ketua Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani PP Muhammadiyah, Bachtiar Dwi Kurniawan S.Phil.I. MPA. Kemudian materi Manhaj Tarjih Muhammadiyah, disampaikan oleh Ketua PDM Medan  Maulana Siregar MA. Materi Risalah Islam Berkemajuan disampaikan oleh Dr. Muhammad Qorib. MA, Bendahara PW Muhammadiyah Sumut.

Kemudian materi: Faham Agama & Visi Tabligh Muhammadiyah kota Medan disampaikan oleh Wakil Ketua PDM Medan Kusnan S. HI, MAg. Materi  Pengembangan AUM Ekonomi, disampaikan oleh Wakil Ketua PDM Medan  Drs. Misman, M.Pd. Materi Pengembangan AUM Pendidikan, disampaikan oleh Wakil Ketua PDM Medan

Samidi , SAg. M.Pd. Materi Pedoman Hidup Islami Muhammadiyah disampaikan  Sekretaris PWM Sumut Irwansyah Putra, MA dan materi Politik dan isu isu Strategi Muhammadiyah  disampaikan Wakil Ketua PDM Medan Eka Putra Zakran SH, MH dan Rafdinal, MAP.

Dua materi penting lainnya adalah Prioritas & Arah Program Muhammadiyah Medan, disampaikan oleh  Ibrahim Nainggolan, SH, MH, Sekretaris PDM Kota Medan dan  Tata Kelola Aturan Persyarikatan, disampaikan Wakil Sekretaris PWM Sumut  Drs. Abdul Mutholib, MM.

Kemudian Ketua LPCR PP Muhammadiyah H. Muhammad Jamaluddin Ahmad Spsi, Psikologi menyampaikan materi pamungkas ” Konsep Pengembangan Cabang, Ranting danpembinaan Masjid” .

Pelaksanaan Dialog Ideopolitor Muhammadiyah Kota Medan yang berlangsung satu hari itu mendapat respon yang positif dari Pimpinan Cabang Muhamamdiyah Belawan Syaiful Pamar, Ketua Majelis Hukum dan HAM PDM Medan Amiruddin Pinem SH dan Kepala SDM Muhammadiyah 08 Medan, Noni Risnaweli. (Syaiful/Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TUBABA, Suara Muhammadiyah - Persyarikatan Muhammadiyah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Provi....

Suara Muhammadiyah

18 November 2023

Berita

PALOPO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Palopo (UM Palopo) merayakan Milad ke-5 dengan....

Suara Muhammadiyah

20 February 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam mewujudkan generasi robbani yang berdaya dan berkarya, SMP Muh....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Univesitas Muhammadiyah Surakarta ....

Suara Muhammadiyah

8 September 2023

Berita

LAMPUNGUTARA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Lampung Utara mengada....

Suara Muhammadiyah

7 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah