Presiden Jokowi Groundbreaking Kampus II UMP 14 Lantai

Publish

6 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
290
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memulai groundbreaking Kampus II Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Dalam sambutannya, Presiden menjelaskan pada tahun 2030-an Indonesia diperkirakan akan mendapatkan bonus demografi dengan jumlah penduduk usia produktif lebih banyak daripada nonproduktif.

Kesempatan tersebut perlu dimanfaatkan sebaik mungkin agar Indonesia mampu melompat menjadi negara maju. “Kita di tahun 2030-an, 2035-an ini akan mendapatkan bonus demografi yang kita harapkan kita bisa mengambil manfaat dan bisa melompatkan negara ini menjadi negara maju. Kuncinya ada di pembangunan sumber daya manusia (SDM),” ujarnya, Rabu (03/01).

Oleh sebab itu, Kepala Negara memandang perlu untuk menyiapkan talenta dan mengembangkan keterampilan ke depan agar pembangunan SDM dapat terlaksana. Tidak hanya itu, Presiden Jokowi menekankan bahwa pembangunan karakter juga menjadi kunci bagi pembangunan SDM Indonesia seutuhnya.

 “Tapi bukan skill saja, bukan urusan talent saja, tapi urusan character building itu juga menjadi kunci bagi pembangunan sumber daya manusia seutuhnya,” lanjutnya.

Dengan pengalamannya dalam bidang pendidikan, Presiden pun meyakini Universitas Muhammadiyah Purwokerto akan mampu berkontribusi dalam pengembangan hal tersebut.

 “Saya yakin Muhammadiyah dengan pengalaman panjangnya di bidang pendidikan akan menjadikan UMP sebagai kampus unggulan yang bereputasi internasional, kampus kebanggaan masyarakat Purwokerto yang akan berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia untuk bangsa dan negara,” imbuhnya.

Presiden Jokowi mengatakan berdasarkan laporan Rektor UMP, perguruan tinggi tersebut memiliki 17 ribu mahasiswa dan 11 fakultas. "Bisik-bisik memang ruang kuliahnya kurang, sehingga perlu dibangun gedung baru yang lantainya berapa lantai Pak Rektor? 14 lantai, menjadi tertinggi di Purwokerto," kata Presiden Jokowi.

Turut mendampingi Presiden ialah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Pj. Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro.

Hadir pula Ketua PP Muhammadiyah Irwan Akib, Ketua PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman, Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jebul Suroso serta perwakilan civitas akademika.

Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Jebul Suroso mengatakan universitas tersebut merupakan kampus pertama di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang dikunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Saat menyampaikan laporan dalam kegiatan groundbreaking Kampus 2 UMP di Sokaraja, Banyumas, Kamis, rektor mengatakan hal itu merupakan sejarah bagi UMP karena Presiden Jokowi beserta rombongan berkenan hadir ke kampus itu. "Ini adalah yang pertama sejak berdiri republik ini," katanya.

Pihaknya ingin seluruh mahasiswa datang ke lokasi kegiatan, namun karena berbagai alasan jumlah mahasiswa yang dihadirkan kurang dari 1.000 orang.

Lebih lanjut rektor mengatakan pengembangan Kampus 2 ditujukan untuk rumpun ilmu kesehatan dan kedokteran itu seiring peningkatan jumlah mahasiswa baru yang setiap tahun mencapai 5.300 orang. Karena itu pihaknya berencana membangun gedung 14 lantai untuk mendukung perkuliahan dan berharap dukungan Presiden Jokowi.

Ia mengatakan gedung yang akan dibangun tersebut akan menjadi tambahan aset bangsa Indonesia untuk mencerdaskan bangsa sesuai dengan peta jalan dan cita-cita yang disampaikan oleh Presiden Jokowi pada setiap memberikan arahan untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Mudah-mudahan bangunan ini bisa segera kami bangun, kami selesaikan, dan kami sangat berharap Bapak Presiden hari ini melakukan groundbreaking dan Insya Allah kita doakan penerus Bapak Presiden nanti bisa meresmikan bangunan ini setelah jadi pada waktunya," kata Rektor Jebul Suroso. (rpd)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dan Universitas Ahmad Dah....

Suara Muhammadiyah

12 February 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Memilih aktif dan bermanfaat dengan menghasilkan karya merupakan piliha....

Suara Muhammadiyah

6 February 2024

Berita

BULUKUMBA, Suara Muhammadiyah - Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Palampang Bulukumba dalam dua tahun ter....

Suara Muhammadiyah

18 July 2024

Berita

Kritisi Diplomasi Publik dan Peran Diaspora YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Prof. Dr. Tulus W....

Suara Muhammadiyah

9 November 2023

Berita

CIANJUR, Suara Muhammadiyah - Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah menggelar K....

Suara Muhammadiyah

11 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah