SMP Muhammadiyah Ekosari Alor Raih Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional

Publish

26 November 2023
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
564
Foto Istimewa

Foto Istimewa

ALOR, Suara Muhammadiyah - SMP Muhammadiyah Ekosari Alor Kecil Kabupaten Alor menjadi salah satu sekolah yang mendapatkan Predikat A dari Badan Akreditasi Nasional Tahun 2023.  Dalam Surat Keputusan bernomor 106/BAN-PDM/SK/2023 yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah berisikan 749 sekolah yang sudah diakreditasi mulai dari jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se-Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Mualim Haji Abdul Syukur,S.Pd selaku Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Ekosari mengungkapkan rasa bahagianya atas prestasi yang diraih oleh sekolah yang dipimpinnya.  Kegembiraannya ini tentu beralasan.  Karena semenjak berdirinya sekolah ini sampai dengan sekarang, baru kali SMP Muhammdiyah Ekosari Alor Kecil mendapatkan predikat “A”.

“Sejak berdirinya sekolah ini yaitu pada tanggal 27 Juli 1974 sekolah ini sudah melakukan 4 (empat) kali akreditasi yaitu Tahun 2008 dengan nilai 79 (kategori B), tahun 2014 dengan nilai 82 (kategori B), tahun 2022 melalui Sistem Akreditasi Online dengan nilai 87 (kategori B) dan tahun 2023 memperoleh nilai 92 (kategori A)” demikian beliau berkisah.

Banyak persiapan-persiapan yang telah dilakukan, apalagi besar keinginan untuk mendapatkan predikat A.  persiapan-persiapan ini tentunya mencakup semua aspek, baik akademik maupun non akademik

“Karena mendapatkan nilai A merupakan prioritas yang ingin kami raih, maka kami tentu berbenah dan betul-betul melakukan persiapan yang matang.  hal ini mencakup 1) pelayanan yang kami lakukan minimal mencakup 8 (delapan) standar pendidikan, 2) penyediaan sarana penunjang, 3) pembelajaran dengan paradigma baru, 4) tersedianya dokumen program sekolah dan pelaporan, 5) tersedianya dokumen program pembelajran dan bukti fisik,  dan  6) akuntabilitas pelaporan keuangan sekolah ” lanjutnya.

Sosok yang mulai menjabat sebagai Kepala SMP Muhammadiyah Ekosari sejak tahun 2017 ini juga menceritakan proses-proses yang telah mereka lalui hingga pada akhirnya mengantarkan sekolah ini mampu meraih nilai A

“Proses yang telah kami lewati bersama adalah merupakan bagian yang terintegrasi dari disiplin budaya kerja, loyalitas dan disiplin menjadi prioritas dalam pelayanan.  Semisal, guru dalam jabatan, bertanggung jawab atas program dan pelaksanaan serta pelaporan atas setiap jabatan yang menjadi tanggung jawabnya.  Untuk persiapan akreditasi, telah dilakukan kegiatan pravisitasi dengan mengundang narasumber dari Unit Pelaksana Akreditasi (UPA) Kabupaten Alor.  Kami juga saling share informasi dengan rekan sejawat di luar SMP”

“Hasil akreditasi merupakan buah dari kerja keras dan dukungan semua pihak.  Karenanya atas nama lembaga saya ucapkan terimakasih yang tak terhingga untuk dukungan dari Persyarikatan Muhammadiyah Kabupaten Alor, Ketua Majelis Pendidikan Dasar Dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Alor, Dinas Pendidikan Kabupaten Alor, Drs. Pahlawan Pakro, M.Ag selaku Ketua Unit Pelaksana Akreditasi (UPA) Kab. Alor yang telah melakukan pravisitasi.  Tidak lupa juga terimakasih untuk seluruh guru dan siswa/i, Ketua Komite, Pemerintah Desa dan dukungan orang tua.  Semoga kita semua bisa terus bersinergi untuk mempertahankan prestasi ini,” pungkasnya. (raspa)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bertempat di SMP Muhammadiyah 10 (MUHDASA) Kota Yogyakarta pada tan....

Suara Muhammadiyah

19 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - DPD IMM Sulawesi Selatan resmi kukuhkan pengurus LAPMA di BPSDM,....

Suara Muhammadiyah

12 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Ka....

Suara Muhammadiyah

12 May 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lazismu Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menggelar diskusi Refleksi Ak....

Suara Muhammadiyah

30 December 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Unismuh Makassar menggelar Bimbingan Akr....

Suara Muhammadiyah

2 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah