Prodi Perbankan Syariah UM Banjarmasin Gelar International Webinar

Publish

9 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
112
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANJARMASIN, Suara Muhammadiyah - Prodi Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB) pada Rabu, 26 Juni 2024 menggelar International Webinar dengan tema Sharia Finance: Development of Islamic Finance in Indonesia. Webinar ini menghadirkan dua orang narasumber, yaitu Prof. Dr. Sohirin Mohammad Solihin, M.A dari Universitas Muhammadiyah Malaysia (UMAM) Perlis, Malaysia dan Mochammad Arif Budiman, Ph.D dari Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban).

Kegiatan webinar internasional yang diselenggarakan di Ulfa Hidayati Hall Kampus Pusat UMB di daerah Handil Bakti, Kabupaten Barito Kuala ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Agama Islam, M. Yusuf Rusli, M.A. Dalam sambutannya, dekan mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan ini dan berharap para peserta dari unsur pengajar dan mahasiswa di lingkungan Prodi Perbankan Syariah serta para undangan dapat mengambil pelajaran penting dan memperluas wawasan terkait perkembangan keuangan Islam melalui webinar ini.

Dalam pemaparannya, Prof. Sohirin menguraikan tentang prinsip-prinsip syariah dalam pengembangan keuangan Islam melalui sambungan teleconference (zoom meeting) langsung dari kampus UMAM di Perlis, Malaysia. Sementara itu, Dr. Arif yang menyampaikan materi berjudul Islamic Social Finance: A Pathway to Sustainable Development.

Dalam materi itu Sohirin membahas tentang urgensi keuangan sosial syariah yang antara lain meliputi zakat, sedekah, wakaf, dan keuangan mikro. Ia menjelaskan bahwa keuangan sosial syariah yang menekankan prinsip redistribusi, keadilan, dan kepedulian sosial merupakan penopang penting bagi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Di akhir acara, Kaprodi Perbankan Syariah, Elman Nafidzi, M.E. menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para narasumber dan berharap agar kegiatan ini dapat ditindaklanjuti dengan kolaborasi antarinstitusi di masa yang akan datang.

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ribuan jamaah Tabligh Akbar Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah padati ....

Suara Muhammadiyah

25 September 2023

Berita

Jalan Santai dan Pengobatan Gratis Sambut Milad Muhammadiyah ke-111 KUNINGAN, Suara Muhammadiyah - ....

Suara Muhammadiyah

7 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Salah satu problematika yang tengah dihadapi di dunia kesehatan, kh....

Suara Muhammadiyah

6 December 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar resmi menutup masa pendaf....

Suara Muhammadiyah

11 May 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kamis, 25 April 2024, Suara Muhammadiyah menerima kunjungan tim dar....

Suara Muhammadiyah

25 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah