Ranting Muhammadiyah - Aisyiyah Pendowoharjo Timur Adakan Kajian Ketarjihan

Publish

13 May 2024
prm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
196
Istimewa

Istimewa

Kolaborasi Pengabdian Masyarakat UMY

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka meningkatkan kemampuan mubaligh/mubalighat. Ranting Muhammadiyah/Aisyiyah bekerjasama dengan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), melaksanakan program pengabdian Masyarakat  berbasis Persyarikatan Muhammadiyah bertemakan “Kajian Ketarjihan Bagi Pimpinan Dan Mubaligh/ Mubalighat Ranting Muhammadiyah/’Aisyiyah Pendowoharjo Timur”.

Program pengabdian kepada Masyarakat dilakukan dengan mengadakan pelatihan dan mensosialisasikan fatwa-fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah, khususnya yang berkaitan dengan ibadah puasa dan zakat. 

Pengabdian Masyarakat dilaksanakan berangkat dari kegelisahan masih banyak keputusan majelis Tarjih, dan fatwa fatwanya kurang dimengerti oleh pimpinan Ranting maupun mubaligh mubalighatnya. Kegiatan dilaksanakan pada hari Ahad, 11 Februari 2024. Kegiatan diikuti oleh 21 orang pimpinan dan mubaligh Muhammadiyah dan 9 orang pimpinan dan mubalighat Aisyiyah.

Pelatihan dibimbing  oleh  Fathurohim, S. Th.I, dan Prof. Abd. Madjid, M. Ag, yg khusus membimbing mubaligh dan pimpinan ranting Muhammadiyah. Sedangkan  Dr. Siti Bahiroh, M. Si dan Dr. Farida Kartini, S. Si.T., M. Sc  fokus membimbing ibu-ibu mubalighat/ pimpinan Aisyiyah.

Program ini terdiri dari 2 materi utama, Pertama,  materi terkait tata cara ibadah puasa perspektif tarjih Muhammadiyah. Kedua, materi terkait zakat, baik zakat maal maupun zakat fitroh. Setelah kegiatan dilakukan evaluasi dengan mengisi angket dan wawancara.

Hasilnya Untuk pelatihan dan penyuluhan ketarjihan pimpinan dan mubaligh Muhammadiyah dan  ibu ibu pimpinan dan mubalighah Aisyiyah mendapat respon positif, karena materi yang diurutkan itu memudahkan mengingat ingat (wawancara dengan bpk  Jumakir). Terjadi pula tanya jawab langsung setelah penyampaian materi. (Riz) 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURBALINGGA, Suara Muhammadiyah – Dalam upaya mengembangkan potensi budidaya ikan gurame dan t....

Suara Muhammadiyah

29 February 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali membuka Program Studi (P....

Suara Muhammadiyah

15 January 2024

Berita

BANJARMASIN, Suara Muhammadiyah – Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin Banjarmasin dan PCM Banjarm....

Suara Muhammadiyah

30 November 2023

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) menyelenggarakan Silaturahim ....

Suara Muhammadiyah

2 April 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Upaya mengokohkan peran strategis Muhammadiyah dalam kehidupan berbangsa ....

Suara Muhammadiyah

5 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah