Resmi Dibuka, Temu Nasional Dorong Inovasi Sosial melalui Pemberdayaan Masyarakat

Publish

2 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
277
Foto Temu Nasional Lazismu

Foto Temu Nasional Lazismu

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada Sabtu, 02 Desember 2023, telah berlangsung Temu Nasional Lazismu dengan tema "Optimalisasi Kebijakan Zakat Nasional melalui Transaksi Digital yang Progresif" di ruang Pola Kantor Bupati Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Kegiatan ini turut menampilkan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) dengan tema "Penguatan Inovasi Sosial untuk Pencapaian SDGs".
Bupati Wajo menyoroti kontribusi positif Lazismu terhadap pemerintahan Kabupaten Wajo. Program Lazismu telah memberikan solusi bagi masyarakat kurang mampu yang tidak dapat membayar BPJS dan tidak tercover secara administratif. Bahkan, Lazismu Wajo menjadi lembaga yang efektif memberikan edukasi luas kepada masyarakat selama pandemi COVID-19.

Salah satu program unggulan Lazismu Wajo adalah pembinaan Jamaah Tani yang berhasil menanam cabai. Hasilnya, harga cabai melonjak, dan petani dapat membeli mobil dari pendapatan cabai. Bupati Wajo menyaksikan langsung bagaimana petani memberikan zakat kepada Lazismu, menciptakan lingkaran positif dalam pemberdayaan masyarakat.

Prof. Qadir Gassing, Ketua Senat UIN Alauddin Makassar, menyampaikan kegiatan dakwah di pedalaman Sulawesi Selatan. Kolaborasi dengan Pemerintah Daerah membawa kegiatan pemberdayaan kopi, yang tidak hanya memberdayakan masyarakat tetapi juga memperkenalkan Islam. Prof. Qadir Gassing menekankan pentingnya kegiatan dakwah yang lembut untuk menyentuh seluruh umat manusia.

Imam Mujaddid Rais menyebut bahwa Lazismu memiliki dua kaki, satu di persyarikatan dan satu lagi di pemerintah sebagai izin operasional dari Kementerian Agama. Untuk itu, Lazismu harus bersinergi dengan semua majelis lembaga dan ormas untuk terus meningkatkan gerakan filantropi. Program pemberdayaan Lazismu di Wajo telah mencapai hasil positif, di mana petani yang diberdayakan sudah mampu membayar zakat.

Lanjut Imam Mujaddid Rais menyoroti pentingnya dakwah Zakat, Infak, dan Sedekah sejak dini. Lazismu Cilik menjadi contoh bagaimana menyentuh hati masyarakat melalui pendekatan dakwah yang bersifat inklusif dan berkelanjutan.

Temu Nasional Lazismu 2023 menjadi momentum untuk menggali potensi zakat digital yang progresif dan memperkuat inovasi sosial demi mencapai Sustainable Development Goals (SDGs). Keberhasilan program-program Lazismu di Kabupaten Wajo memberikan inspirasi bagi lembaga filantropi lainnya untuk terus berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih sejahtera. (Zahra)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

DENPASAR, Suara Muhammadiyah - Pondok Hajjah Nuriyah Shabran Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS....

Suara Muhammadiyah

1 February 2024

Berita

ABDYA, Suara Muhammadiyah -  Rasullah SAW bersabda “Aku dan orang yang mengurus (menanggu....

Suara Muhammadiyah

27 February 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Program beasiswa di Kampus STIE Muhammadiyah Cilacap mengadakan M....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Aula Farmasi Instalasi Farmasi Kabupaten Bantul DIY, Rumah....

Suara Muhammadiyah

14 November 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Asah mental percaya diri dan ketrampilan publik speaking siswa, SMP Muham....

Suara Muhammadiyah

10 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah