RSU PKU Muhamadiyah Unismuh Benchmarking ke RS UMM dan UMY

Publish

5 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
159
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MALANG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Kampus dan Pimpinan RS PKU Muhamadiyah Unismuh Makassar melakukan kunjungan Benchmarking ke dua rumah sakit milik Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Jawa. 

Kunjungan itu dilakukan pada Rabu - Kamis, 31 Januari hingga 1 Februari 2024.

Kasubag SDM RS PKU Muhammadiyah Unismuh Abdul Halim, S.Kep memberikan informasi bahwa kedua Perguruan Tinggi dan Rumah Sakit yang dikunjungi  adalah RS Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan RS AMC Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Hal itu diungkapkannya di RS PKU Muhammadiyah Unismuh, Jl Tun Abd Razak, Kabupaten Gowa, Senin, 5 Februari 2024.

Dikatakan Abdul Halim dalam kunjungannya pada Rabu  31 Januari 2024 tim benchmarking Unismuh Makassar diterima jajaran pimpinan Universitas Muhammadiyah Malang. 

Setelah bersilaturrahim dan mendapatkan penjelasan gambaran umum tata kelola RSU UMM, tim Unismuh Makassar selanjutnya meninjau RSU UMM yang lokasinya tidak jauh dari kampus UMM.

 "Di RSU UMM tim mendapatkan penjelasan secara lengkap oleh Direktur RS beserta jajaran manajemennya," ujar Abdul Halim. 

Sekitar pukul 17.30 wib tim  meninggalkan RSU UM Malang menuju UMY. 

Keesokan harinya Kamis 1 Februari 2024, pukul 14.00 WIB tim Unismuh Makassar diterima langsung oleh jajaran Direksi RS AMC UMY.

Dikatakan, kunjungan ini dalam rangka upaya meningkatkan performance Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Unismuh Makassar yang telah melakukan Soft Launching pada 9 November 2023 yang lalu.

Kunjungan ini, kata Halim, juga untuk  mematangkan persiapan jelang akreditasi rumah sakit, maka pihak Unismuh Makassar selaku pemilik melakukan kunjungan benchmarking kepada kedua perguruan tinggi Muhammadiyah yang juga mengelola amal usaha kesehatan (rumah sakit).

Tujuannya, sambung Halim, adalah untuk mempelajari tata kelola terbaik (good hospital governance), proses operasional dan inovasi dalam pelayanan kesehatan yang telah dilakukan oleh kedua RS Muhammadiyah dibawah pengelolaan UMM dan UMY tersebut.

Hal ini diharapkan dapat membantu pihak Unismuh Makassar meningkatkan efisiensi, kualitas layanan, dan pengelolaan sumber daya di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Unismuh Makassar.

Abdul Halim menambahkan  kegiatan benchmarking kedua perguruan tinggi tersebut telah digagas oleh Ketua BPH Unismuh Makassar Prof Gagaring Pagalung bersama  Rektor Prof Ambo Asse. 

Benchmarking ini juga diikuti oleh Wakil Rektor 1, Dr  Abd Rahim Nanda, Ketua Badan Penjaminan Mutu Dr Burhanuddin serta Tim Keuangan  Dr Ismail Badollahi dan Siti Fatimah dari Bagian SDM Unismuh Makassar.

Sementara dari pihak Rumah Sakit  PKU Muhammadiyah Unismuh, hadir Ketua Dewas RS, Dr Syaiful Saleh, Prof dr Syarifuddin Wahid (direktur), dr Suriah Tjegge (Kabag. Pelayanan Medik dan Pendidikan), dr Muhammad Ihsan Kitta (Kabag. Sarpras, SDM dan Keuangan) serta Abdul Halim (Kasubag. SDM).


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Program parenting merupakan kegiatan yang dilakukan untuk meny....

Suara Muhammadiyah

30 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Rektor sekaligus Guru Besar Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jaka....

Suara Muhammadiyah

21 February 2024

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Dengan tema "Membumikan Risalah Islam Berkemajuan. Menguatkan dan Memaju....

Suara Muhammadiyah

30 November 2023

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 285 kader HW Qobilah Jenderal Sudirman dan Fatmawati Pesantre....

Suara Muhammadiyah

26 September 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah (MT PPM) melakukan penutupan ....

Suara Muhammadiyah

25 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah